Kamis, 22 Oktober 2009 11:49 WIB Sport Share :

Milan ungguli Real Madrid, MU dan Chelsea menang

London–Dua tim paling sukses Liga Champions bertemu dan saling berusaha keras untuk menang namun AC Milan masih lebih beruntung dengan meraih kemenangan mengejutkan 3-2 atas Real Madrid di Bernabeu, Rabu (21/10) waktu setempat.

Sementara Real, juara sembilan-kali Liga Champions, dan Milan, juara tujuh-kali, sama-sama berupaya keras untuk menang, termasuk saat Raul menyamakan prestasi golnya dengan pencetak gol terbanyak Eropa, pertandingan lain di turnamen itu berlangsung efisien.

Manchester United harus bermain di lapangan dengan rumput buatan di stadion Luzhniki untuk memetik poin maksimum dari tiga pertandingan Grup B dengan menang 1-0 atas CSKA Moscow, Rabu, lewat gol tunggal yang diciptakan oleh Antonio Valencia.

Chelsea memperpanjang daftar rekor pertandingan sempurna mereka di Grup D dengan mengalahkan Atletico Madrid 4-0, saat Salomon Kalou mencetak gol pertama dari dua golnya bagi Chelsea, dan  Juventus memulihkan harapannya di pertandingan Grup A dengan menang 1-0 atas  Maccabi Haifa.

Pertandigan hari Selasa penuh diwarnai dengan gol pada menit akhir dan hasil yang mengejutkan dari klub-klub yang tidak diperhitungkan, dan kejadian yang kurang lebih sama terjadi di Grup C di Madrid, tempat AC Milan –yang di satu sisi tengah berjuang dengan menempati posisi kedelapan di Serie A– menekuk Real dengan cara yang memalukan.

Stadion Real Madrid, Santiago Bernabeu akan menjadi tuan rumah bagi pertandingan final musim ini dan setelah klub itu menghabiskan biaya 250 juta euro untuk belanja pemain di bawah asuhan pelatihnya saat ini Manuel Pellegrini berada di bawah tekanan besar untuk bisa memperoleh satu emas bagi pesta Madrid itu.

Real, yang tidak diperkuat oleh pemain termahalnya Cristiano Ronaldo, tampak bakal memetik kemenangan ketiga mereka ketika Raul melesakkan bola hasil kesalahan Dida untuk membuat kedudukan menjadi 1-0 dan menyamakan rekor Mueller dengan 66 golnya dalam sejumlah kompetisi utama klub Eropa.

Pertandingan itu kemudian berbalik ketika Andrea Pirlo mempermalukan Iker Casillas dengan golnya dari jarak dekat di menit ke-62, dan kiper Real itu, yang biasanya termasuk di antara pemain yang paling dapat diandalkan, memberi peluang kepada striker Brazil Alexandre Pato melesakkan gol kedua bagi Milan empat menit kemudian.

Royston Drenthe kemudian menyamakan kedudukan bagi Real pada sisa waktu dua menit Pato melakukan serangan dengan menembakkan tendangan volinya yang menjadi penentu kemenangan Milan itu.

“Kami bermain sangat luar biasa pada babak kedua,” ujar pelatih Milan Leonardo. “Walaupun mereka berhasil menyamakan kedudukan 2-2 saya tidak pernah berpikir kami akan kalah.”

Milan dan Real masing-masing memiliki enam poin di Grup C, dengan Olympique Marseille dan Zurich keduanya mengantungi tiga poin setelah  klub Prancis itu menang 1-0 melawan tim tuan rumah itu di Swiss berkat gol babak kedua dari bek asal Argentina Gabriel Heinze.

Manchester United duduk nyaman di Grup B dengan poin maksimum, disusul dengan VfL Wolfsburg empat poin setelah pertandingan mereka melawan Besiktas berakhir tanpa gol. CSKA Moscow mengantungi tiga poin dan Besiktas satu.

United bermain tanpa diperkuat para pemain seniornya seperti Wayne Rooney dan Ryan Giggs.

“Seperti sudah saya perkirakan, lapangan dengan rumput buatan tidaklah menjadi masalah bagi kami,” ujar Alex Ferguson. “Saya berpesan sebelum pertandingan jika anda seorang pemain sepak bola maka berkonsentrasilah hanya pada bolanya.”

Striker Porto Hulk bermain secara heroik di Grup D, dengan mencetak dua gol untuk mengejar ketertinggalan mereka dan menang di kandang 2-1 atas APOEL Nicosia.

Sementara itu Chelsea memimpin Grup D dengan sembilan poin, Porto di tempat kedua dengan enam poin dan APOEL serta Atletico masing-masing satu poin.

Juventus mendapatkan kemenangan pertama mereka di Grup A berkat gol Giorgio Chiellini saat melawan Maccabi Haifa.

Persaingan di grup itu berlangsung ketat setelah Girondins Bordeaux menyusul memimpin di posisi atas dengan kemenangan 2-1 di kandang mereka melawan Bayern Munich, yang bermain hanya dengan sembilan pemain setelah striker muda Thomas Mueller dan Daniel Van Buyten dikeluarkan dengan kartu merah.

Dengan sisa tiga pertandingan lagi, Bordeaux memimpin dengan tujuh poin, disusul dengan Juventus lima poin dan Bayern empat. Maccabi masih belum mencetak gol satu pun sehingga belum memiliki poin.

ant/fid

lowongan pekerjaan
Marketing dan Surveyor, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…