Rabu, 21 Oktober 2009 15:10 WIB Ekonomi Share :

Depdag limpahkan izin pendirian MLM ke BKPM

Jakarta–Departemen Perdagangan (Depdag) melimpahkan kewenangan pembuatan Surat Izin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL) untuk pendirian perusahaan Multi Level Marketing (MLM) kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

“Ini terkait Peraturan Presiden tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu di bidang investasi,” kata Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Depdag, Subagyo di Jakarta, Rabu (21/10).

Pengalihan wewenang penerbitan SIUPL itu tercantum dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor: 55/M-DAG/PER/10/2009 yang ditandatangani pada 9 Oktober 2009 dan berlaku 60 hari kemudian.

Permendag itu diterbitkan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 7 ayat (2) dan ayat (3) Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2009 tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Bidang Penanaman Modal.

“Ini dalam rangka menciptakan iklim usaha yang kondusif guna mendorong peningkatan investasi, terkait dengan pemberian perlakuan yang sama bagi penanam modal dalam negeri dan penanam modal asing,” jelas Subagyo.

Selain menerbitkan Permendag mengenai pelimpahan wewenang pemberian SIUPL, Mendag juga menerbitkan Permendag Nomor.46/M-DAG/PER/9/2009 tentang perubahan Permendag 36/M-DAG/PER/9/2007 tentang penerbitan SIUPL.

Dalam Permendag yang baru itu, Mendag mewajibkan perusahaan penanaman modal asing mempekerjakan paling sedikit satu orang Warga Negara Indonesia sebagai Direksi dan satu orang Warga Negara Indonesia sebagai Komisaris.

ant/fid

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Koes Plus dalam Peta Musik Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (08/01/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Jumat, 5 Januari 2018, Yon Koeswoyo tutup usia. Beberapa tahun sebelumnya…