Rabu, 21 Oktober 2009 11:56 WIB Ah Tenane Share :

Bul wong edan ta?

2110ahtenaneSetelah penat dengan pelajaran sekolah sejak pagi, siang itu Jon Koplo, siswa SMK di Banyuanyar Solo ini tidak langsung pulang, melainkan nglayap dulu di Terminal Tirtonadi sekadar cari hiburan sambil cuci mata. Ia pun jalan-jalan ngubengi terminal, lalu berhenti di kursi pengunjung dekat pintu keluar.
Herannya, meski di tempat itu banyak orang, tapi yang duduk di deretan kursi cuma seorang lelaki muda yang bertampang sangar. Berhubung capek, tanpa melihat keadaan sekeliling, Koplo langsung duduk di samping lelaki itu seraya menyapa, ”Sendirian, Mas? Kenalan, aku Jon Koplo! Mas, siapa?”
”Aku Tom Gembus, premannya di sini. Semua warga Gilingan pasti kenal aku,” jawab orang itu cuek sambil memainkan rokoknya.
Mendengar dia ngaku preman, Jon Koplo agak keder juga sehingga tidak berani cengengesan.
”Pekerjaan sampean apa, Mas!” tanya Koplo lagi.
”Pekerjaanku, ya lihat-lihat orang di sini. Kalau ada makanan di tong sampah pasti aku ambil…” jawab Tom Gembus mulai ngelantur, sementara Jon Koplo mulai merasakan ada yang tidak beres pada orang itu. Di saat itulah pandangan para pengunjung di sekitar tempat itu tertuju pada Koplo dan Gembus.
”Wah, payah Nda. Ketemu wong edan ki!” batin Koplo menahan malu sambil berdiri menghindari Tom Gembus yang asyik ngomong sendirian. Tapi tiba-tiba Gembus juga berdiri mengikuti Jon Koplo yang mencoba pindah. Seketika itu pula, para pengunjung yang ada di sekitar situ berebutan duduk di kursi pengunjung dan berucap, ”Alhamdulillah…! Wong edane wis lunga kabeh!”
Menahan malu dan takut dikejar orang gila, Koplo langsung nyengklak bus umum entah jurusan ke mana.  Kiriman Ainita Syafiah (Nita), SMK Negeri 9, Program Seni Rupa, Kelas III, Jl Tarumanegara, Banyuanyar, Solo.

lowongan pekerjaan
KISEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…