Soloraya
Selasa, 20 Oktober 2009 - 22:15 WIB

Parpol desak Ketua KPU Mundur

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Sejumlah partai politik (Parpol) di Kota Gaplek meminta Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang juga ikut dalam ajang pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk mundur dalam waktu dekat ini, hal tersebut dinilai akan mempengaruhi indepensensi instansi tersebut.

Geliat Pilkada di Kota Gaplek semakin dinamis menyusul sejumlah calon independen mulai kasak kusuk menjalin komunikasi dengan sejumlah partai. Kesiapan partai untuk menyambut pekan Pilkada mulai dikerucutkan memilih calon yang intensif mengadakan pendekatan.

Advertisement

Keikutsertaan Ketua KPU didalam kancah politik disambut dan ditanggapi beragam oleh partai politik, salah satunya bagaimana mempertahankan independensi  dan profesionalitas instasi itu.
Menurut Ketua DPC PPP Wonogiri, Anding Sukiman, adalah hak setiap orang untuk ikut berpartisipasi, tetapi dengan posisi jabatan yang dituntut independen maka harus ada konsekuensinya yakni mundur.

“Wah bagus itu, Wonogiri perlu banyak figur untuk dipilih menjadi bupati maupun wakil bupati, makin banyak figur jadi lebih baik,” papar dia ketika dihubungi Espos, Selasa (20/10).

Dia mengatakan, meskipun tidak menceburkan diri secara langsung di dunia perpolitikan tetapi Joko memiliki pengalaman di bidang politik salah satunya menjadi pucuk pimpinan KPU.

Advertisement

Selain itu, sambung dia, secara personal dirinya lama bekerja di lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang aktif dengan background pengalaman itu kinerjanya tidak diragukan.

“Dia itu tokoh muda dan saya kira dia punya pengalaman untuk memimpin Wonogiri,” tegas dia.

Namun demikian, lanjut Anding, Joko harus segera mengundurkan diri agar tidak menimbulkan konflik di masyarakat. Dia mengatakan, selain memiliki sikap kepemimpinan dan pemahaman birokrasi, calon bupati harus memiliki jiwa kewirausahaan.

das

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Desak KPU Mundur Parpol
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif