News
Selasa, 20 Oktober 2009 - 16:29 WIB

Iran: Program nuklir jalan terus

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Teheran–Iran tidak akan pernah melepas hak resmi dan nyata terhadap teknologi nuklirnya, kata Menteri Luar Negeri Manouchehr Mottaki, Selasa.

“Pertemuan-pertemuan dengan negara-negara kuat dunia dan mereka yang menunjukkan prilaku bahwa Iran berhak untuk mengelola teknologi nukllirnya untuk keperluan damai telah diterima oleh mereka. Iran tidak akan pernah melepas haknya itu,” kata Mottaki dalam satu konferensi pers bersamaan dengan perundingan di Wina, dengan negara-negara kuat.

Advertisement

Menlu Mottaki juga menegaskan, bahwa Iran tidak inginkan Prancis ikut ambil bagian dalam perundingan di Wina, mengenai pasokan bahan bakar nuklir kepada negaranya.

Dia menegaskan kembali, bahwa perundingan Wina yang dibuka Senin tidak berbuat sesuatu terhadap program pengayaan uranium Teheran, dan hanya difokuskan pada bagaimana memasok bahan bakar nuklir untuk reaktor Iran.

Iran mengatakan kepada Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) bahwa pihaknya memerlukan bahan bakar itu untuk reaktor risetnya di Teheran, katanya.

Advertisement

“IAEA mengontak beberapa negara dan Amerika Serikat serta Rusia untuk diterima ikut ambil bagian dalam perundingan pemasokan bahan bakar itu,” kata Mottaki dalam konferensi pers.

“Perundingan-perundingan akan dilakukan dengan dua negara ini, dengan kehadiran badan tersebut. Kami tak memerlukan banyak bahan bakar dan kami tak menginginkan hadirnya banyak negara. Tak perlu Prancis ikut hadir dalam pertemuan,” katanya.

Prancis bersama Rusia dan AS telah ikut ambil bagian dalam pertemuan di markas besar IAEA di ibukota Austria itu.

Advertisement

Namun saluran televisi milik negara Al-Alam mengutip satu sumber yang dekat dengan tim perunding Teheran di Wina mengatakan, bahwa Prancis ‘sebelumnya tidak berbuat apapun berkaitan dengan kerjasama nuklir dengan Iran.’

ant/fid

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif