Sabtu, 17 Oktober 2009 13:03 WIB Sport Share :

Stoner raih pole position GP Australia

Phillip Island–Pembalap Australia Casey Stoner dengan Ducati meraih posisi “pole” di depan pemimpin kejuaraan dunia Valentino Rossi dan pembalap Spanyol Dani Pedrosa untuk MotoGP Australia Minggu.

Stoner memimpin selama hampir sepanjang satu jam sesi kualifikasi dan menyapu dua lap tercepat pada menit-menit terakhir untuk menyelesaikan sesi Sabtu dengan catatan waktu lap terbaik satu menit 30,341 detik.

Pembalap Australia itu, juara dunia 2007 dan saat ini berada di urutan keempat dalam kejuaraan tersebut, hanya selisih 0,050 detik di depan Rossi dengan Fiat Yamaha, yang sedang mengejar gelar dunia MotoGP ketujuh musim ini.

Itu merupakan pole ke-17 dalam karir MotoGP Stoner dan yang kedua di Phillip Island saat ia berusaha meraih “hattrick” kemenangan GP di kandang sendiri, Minggu.

“Sepeda motor bekerja cukup baik dan sempurna sepanjang beberapa tahun terakhir,” kata Stoner.

“Sekarang kami punya kecepatan sudut lebih banyak dan hanya perlu meningkatkan cengkeraman belakang.”

Rossi, yang memimpin kejuaraan 2009 dengan 18 poin dari rekan setimnya Jorge Lorenzo, mencatat waktu lap tercepat 1:30,391 dan akan start di sebelah luar Stoner pada grid depan balapan Minggu.

“Saya mengharapkan lintasan yang kering untuk balapan besok dan merasa sepeda motornya cukup kencang pada stelan terakhirnya pada kualifikasi,” kata Rossi.

“Saya lebih cepat dari Jorge, maka saya harap bertarung untuk kemenangan besok dengan Casey.”

Pedrosa, urutan ketiga dalam kejuaraan dunia, tercepat ketiga dengan Repsol Honda-nya dalam waktu 1:31,070, sekitar 0,729 detik di belakang Stoner.

Lorenzo, yang perlu berada pada titik-titik tertentu dalam balapan Minggu untuk menjaga tekanan pada Rossi dengan hanya dua balapan tersisa musim ini, tercepat keempat dengan waktu 1:31,071.

Pembalap Spanyol Pol Espargaro akan memimpin grid dalam kelas 125cc setelah memastikan posisi pole pertamanya tahun ini dalam kualifikasi.

ant/fid

lowongan pekerjaan
NSC FINANCE KARTASURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…