News
Jumat, 16 Oktober 2009 - 21:32 WIB

Padang peroleh bantuan tunai gempa Rp 19,3 miliar

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Padang–Pemerintah Kota Padang, Sumbar, pasca gempa berkekuatan 7,9 SR mengguncang kota itu Rabu (30/9) memperoleh bantuan tunai sebesar Rp 19,3 miliar lebih.

“Bantuan tunai sebesar itu dikumpulkan pada 1-16 Oktober 2009 berasal dari bantuan Presiden RI, pemerintah Provinsi Sumbar, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota luar Sumbar, swasta, negara asing, dan perorangan,” kata Sekretariat Posko Utama Gempa Kota Padang, bidang penerimaan bantuan Qori Saidan di Padang, Jumat.

Advertisement

Ia menyampaikan itu di hadapan para anggota DPRD Padang periode 2009-2014 dengan agenda mendengarkan presentasi Pemko Padang pasca gempa. Akan tetapi, menurut Qori, dari Rp 19,3 miliar lebih bantuan tersebut sebagian sebesar Rp 3 miliar dari Menteri ESDM masih dalam bentuk konfirmasi dan dari Taiwan sebesar 100 ribu dolar AS (Rp 2 miliar lebih) juga dalam bentuk konfirmasi.

“Untuk kedua dana yang masih dalam bentuk konfirmasi itu akan ditanyakan lagi secara tertulis serta kapan bantuan itu segera diberikan,” katanya.

Bantuan lainnya yang masih dalam bentuk konfirmasi juga termasuk dari Pertamina sedangkan dari Menteri ESDM diperkirakan dalam bentuk kegiatan.

Advertisement

Ia merinci, dari Rp19,3 miliar itu berasal dari Rp 536 juta dari Pemerintah Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Walikota Solok Rp700 juta, dan sebesar Rp 15,3 miliar berasal dari bantuan Pemerintah provinsi berupa uang lauk pauk.

Dana lauk pauk sebesar Rp 15,3 miliar,  katanya, untuk tahap pertama sudah disalurkan sebanyak Rp7,6 miliar dalam masa tanggap darurat dan tahap ke dua menunggu realisasinya.

Kemudian sebagian bantuan tunai lainnya, katanya lagi, sudah digunakan untuk mengevakuasi korban dan memenuhi pelayanan dasar antara lain air bersih dan kebutuhan sandang.
Ant/tya

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Gempa Sumatra
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif