News
Kamis, 15 Oktober 2009 - 18:43 WIB

SBY minta bantuan Sumbar transparan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta agar semua bantuan yang diberikan untuk penanganan dampak gempa di Sumbar dan Jambi dikelola dengan transparan dan akuntabel.

“Saya harap ‘masterplan’ (rencana induk), kerangka waktu, alokasi sumber daya baik yang berasal dari APBN, APBD, bantuan masyarakat luas, bantuan organisasi terkait baik negara maupun swasta, maupun bantuan luar negeri dapat digunakan dengan baik, transparan, akuntabel dan capai sasaran,” kata Presiden dalam rapat terbatas di Gedung Setneg Jakarta, Kamis (15/10).

Advertisement

Rapat terbatas yang diperluas kali ini membahas khusus evaluasi program tanggap darurat gempa di Sumbar dan Jambi serta pembahasan rencana kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi.

“Proses tanggap darurat sudah dijalankan, dan tiap hari saya pantau dan mendapat laporan. Saya gembira telah ada kemajuan signifikan dari upaya tanggap darurat dan pemulihan keadaan yang telah dilakukan,” katanya.

Presiden mengharapkan setelah semua dilaksanakan, kondisi Sumbar dan Jambi bukan hanya pulih dari bencana tetapi lebih siap andaikata terjadi bencana serupa dengan pembangunan gedung-gedung yang lebih tahan gempa, kesiapan mental warganya yang lebih baik dan respon terhadap bencana pada jam-jam awal yang lebih baik.

Advertisement

Hadir dalam rapat terbatas itu Menko Kesra Aburizal Bakrie, Menko Polhukam Widodo AS, Menkeu/pelaksana tugas Menko Perekonomian
Sri Mulyani Indrawati, Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, Mensesneg Hatta Rajasa, Menkum Ham Andi Mattalatta, Menteri PU Djoko Kirmanto.

Hadir juga Menkes Siti Fadilah Supari, Mendagri Mardiyanto, Menhub Jusman Syafei Djamal, Meneg PPN/Kepala Bappenas Paskah Suzetta, Mendiknas Bambang Sudibyo, Menkominfo Muhammad Nuh, Meneg BUMN Sofyan Djalil, Menlu Hassan Wirajuda dan Seskab Sudi Silalahi.

Selain itu terlihat juga Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso dan Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri serta Gubernur Sumbar
Gamawan Fauzi dan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin.

Advertisement

ant/fid

Advertisement
Kata Kunci : Bantuan Sumbar SBY
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif