News
Kamis, 15 Oktober 2009 - 18:13 WIB

Depdiknas godok silabus Program Paket C setara SMK

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) tengah meng-godok silabus Program Paket C setara SMK yang direncanakan bisa diterapkan pada tahun 2010 nanti.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Nonformal Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Pemkot Solo saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis (15/10).

Advertisement

Menurutnya, pada Rabu-Kamis (7-9/10) lalu, pihaknya mengikuti rapat koordinas dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Nonformal dan Informal Depdiknas guna membahas silabus Program Paket C setara SMK.

Dijelaskannya, pembahasan silabus itu meliputi kurikulum pendidikan, materi, kisi-kisi, dan lain-lain. Ia melanjutkan, hingga kini jumlah program keahlian yang dimiliki SMK di seluruh Indonesia mencapai 125 jenis. Dengan jumlah program keahlian sebanyak itu, dibutuhkan infrastruktur pendukung pelaksanaan Program Paket C setara SMK yang tidak sedikit jumlahnya.

Dengan demikian, dalam hal ini Depdiknas akan melibatkan pihak sekolah formal atau SMK dan sejumlah lembaga pendidikan kursus (LPK) guna menunjang sarana dan prasarana yang dibutuhkan.
“Pelibatan sekolah formal dan LPK itu berorientasi pada aspek matorik yakni pemenuhan peralatan vokasi guna menunjang keterampilan siswa,” papar Wandowo.

Advertisement

Wandowo menambahkan, hingga kini pembahasan silabus Program Paket C setara SMK itu sudah mendekati kesempurnaan. Menurutnya, penentuan sejumlah SMK maupun LPK penunjang pelaksanaan program ini akan dibahas kemudian. Ia menjelaskan, penentuan jumlah SMK dan LPK tersebut akan disesuaikan dengan jenis keterampilan vokasi yang dibutuhkan untuk penunjang Program Paket C setara SMK itu.

“Silabus sudah mendekati sempurna. Sedangkan segala kebutuhan akan dibahas kemudian. Jadi, Insya Allah program ini bisa dilaksanakan pada 2010 nanti,” papar Wandowo.

m82

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif