Kamis, 15 Oktober 2009 18:13 WIB Pendidikan Share :

Depdiknas godok silabus Program Paket C setara SMK

Solo (Espos)–Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) tengah meng-godok silabus Program Paket C setara SMK yang direncanakan bisa diterapkan pada tahun 2010 nanti.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Nonformal Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Pemkot Solo saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis (15/10).

Menurutnya, pada Rabu-Kamis (7-9/10) lalu, pihaknya mengikuti rapat koordinas dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Nonformal dan Informal Depdiknas guna membahas silabus Program Paket C setara SMK.

Dijelaskannya, pembahasan silabus itu meliputi kurikulum pendidikan, materi, kisi-kisi, dan lain-lain. Ia melanjutkan, hingga kini jumlah program keahlian yang dimiliki SMK di seluruh Indonesia mencapai 125 jenis. Dengan jumlah program keahlian sebanyak itu, dibutuhkan infrastruktur pendukung pelaksanaan Program Paket C setara SMK yang tidak sedikit jumlahnya.

Dengan demikian, dalam hal ini Depdiknas akan melibatkan pihak sekolah formal atau SMK dan sejumlah lembaga pendidikan kursus (LPK) guna menunjang sarana dan prasarana yang dibutuhkan.
“Pelibatan sekolah formal dan LPK itu berorientasi pada aspek matorik yakni pemenuhan peralatan vokasi guna menunjang keterampilan siswa,” papar Wandowo.

Wandowo menambahkan, hingga kini pembahasan silabus Program Paket C setara SMK itu sudah mendekati kesempurnaan. Menurutnya, penentuan sejumlah SMK maupun LPK penunjang pelaksanaan program ini akan dibahas kemudian. Ia menjelaskan, penentuan jumlah SMK dan LPK tersebut akan disesuaikan dengan jenis keterampilan vokasi yang dibutuhkan untuk penunjang Program Paket C setara SMK itu.

“Silabus sudah mendekati sempurna. Sedangkan segala kebutuhan akan dibahas kemudian. Jadi, Insya Allah program ini bisa dilaksanakan pada 2010 nanti,” papar Wandowo.

m82

lowongan peekrjaan
PT. Integra Karya Sentosa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…