Kamis, 15 Oktober 2009 14:24 WIB Sport Share :

23 Tim pastikan tiket ke Afsel 2010

Jakarta–Usai matchday terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2010 yang dilangsungkan serentak pada Kamis (15/10) dinihari WIB, sebanyak sudah 23 memastikan dapat tiket ke Afrika Selatan 2010.

Dari Zona Eropa, Swiss dan Slovakia menjadi dua negara terakhir yang memastikan didapatnya tiket ke putaran final Piala Dunia 2010.

Pada laga terakhirnya di Grup 2, Swiss menahan imbang Israel 0-0 yang memastikan didapatnya posisi puncak klasemen dengan nilai 21. Sedangkan Slovakia memastikan keikutsertaannya untuk kali pertama di Piala Dunia setelah membawa pulang kemenangan 1-0 dalam lawatan ke Polandia, dengan total poin 22 pasukan Vladimír Weiss berdiri kokoh di puncak klasemen.

Swiss dan Slovakia menyusul tujuh negara Eropa lainnya yang sudah lebih dulu memastikan lolos. Wakil lain dari Benua Biru tersebut adalah Belanda (Grup 9), Inggris (Grup 6), Spanyol (Grup 5), Jerman (Grup 4), Denmark (Grup 1) , Serbia (Grup 7) dan Italia (Grup 8).

Juga baru memastikan kelolosannya di detik-detik terakhir adalah tim kuat Argentina. Berlaga menghadapi 10 orang pemain Uruguay, Albiceleste  memastikan didapatnya posisi empat klasemen Zona CONMEBOL usai menang 1-0.

Dengan total poin didapat berjumlah 28, ‘Tango’ menjadi tim terakhir dari Amerika Utara yang mendapat tiket ke Afrika Selatan. Dari zona ini Brasil jadi tim yang pertama lolos, menyusul kemudian adalah Paraguay dan kemudian Chile.

Sementara itu dari Benua Hitam, juara Piala Afrika empat kali, Ghana, menjadi tim yang pertama memastikan berpartisipasi di Piala Dunia 2010. Menyusul langkah mereka kemudian adalah Pantai Gading.

Berbeda dengan zona-zona lainnya yang sudah menjalani matchday terakhir pada dinihari tadi, Zona CAF baru akan rampung pada 14 November mendatang. Benua Afrika total akan mengirim lima wakilnya ke Piala Dunia yang berarti masih ada tiga negara lain yang bakal menyusul Ghana dan Pantai Gading lolos langsung.

Kejutan besar terjadi di Zona Asia menyusul keberhasilan Korea Utara melangkah ke putaran final. Meski ini menjadi kali kedua mereka lolos, sukses mendobrak dominasi negara-negar timur tengah jadi sebuah capian luar biasa buat negara komunis tersebut.

Tiga negara lain yang jadi wakil Asia di Afrika 2010 nanti adalah Korea Selatan, Australia dan Jepang.

Kekuatan lama Zona CONCACAF masih melanjutkan dominasinya di Kualifikasi Piala Dunia 2010 ini menyusul keberhasilan Amerika Serikat dan Meksiko duduk di posisi satu dan dua. Sedang satu tiket lainnya didapat Honduras, yang baru pertama lolos setelah yang pertama di tahun 1982 silam

Berikut tim yang sudah memastikan lolos ke Piala Dunia 2010

UEFA: Denmark, Jerman, Spanyol, Inggris, Serbia, Italia , Belanda, Swiss, Slovakia
AFC: Korea Utara, Korea Selatan, Jepang, Australia
CONMEBOL: Brasil, Paraguay, Chile, Argentina
CAF: Pantai Gading, Ghana, Afrika Selatan (tuan rumah)
CONCACAF: Amerika Serikat, Meksiko, Honduras.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
PT.MITRA PINASTHIKA MUSTIKA FINANCE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…