Rabu, 14 Oktober 2009 21:04 WIB Klaten Share :

Ribuan warga dua desa terancam banjir

Klaten (Espos)–Ribuan kepala keluarga (KK) dua desa di Kecamatan Cawas terancam banjir, bila musim penghujan tiba.

Demikian disampaikan dua Kepala Desa (Kades) di wilayah Cawas, yakni Kades Karangasem, Sugiyanto dan Kades Nanggulan Putut Suwito saat ditemui dan dihubungi secara terpisah, Rabu (14/10).

Cawas menjadi salah satu daerah langganan banjir di Klaten bila hujan tiba. Di wilayah Karangasem, jelas Sugiyanto, sedikitnya 500 KK terancam banjir bila musim hujan tiba.

“Pengerukan sungai memang sudah dilakukan tapi masih kurang baik,” kata Sugiyanto kepada Espos, Rabu (14/10).

Menurut Sugiyanto, Pemkab Klaten telah melakukan upaya mengurangi dampak banjir dengan melakukan normalisasi sungai. Sungai yang melintas di Desa Nanggulan, Desa Kedungampel, Desa Burikan dan Desa Karangasem telah dinormalisasi. Namun, dia menilai normalisasi masih belum maksimal.

Sementara di Nanggulan, jelas Suwito, sedikitnya 864 KK terancam banjir jika Kali Jaran meluap. Diungkapkan Suwito, banjir bisa menggenangi seluruh desa karena kondisi tanah di sebelah selatan lebih tinggi daripada wilayah utara.

Pada tahun 2008, kata Suwito, Tanggul Nanggulan jebol dan menyebabkan petani gagal panen. Dia menuturkan ada sekitar 125 hektare (ha) lahan pertanian yang juga terancam banjir.

Dijelaskan Suwito, belum lama ini sudah ada upaya pengerukan sungai dari pihak pemerintah. Namun, tanggul di sekitar sungai belum dapat berfungsi maksimal karena tanah pengerukan belum diratakan.

“Saya berharap normalisasi kali bisa dilakukan secara rutin tiap tahun. Sebab, endapan di sungai bisa mencapai setengah meter hingga satu meter. Perataan tanah mungkin akan dilakukan secara gotong-royong,” ucap Suwito.

nad

lowongan pekerjaan
NSC FINANCE KARTASURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…