Rabu, 14 Oktober 2009 17:04 WIB Hukum Share :

Polwil tangkap pelaku yang diduga lakukan ilegal logging

Solo (Espos)–Sebanyak 33 batang kayu mahoni yang diduga merupakan hasil dari illegal logging disita aparat Polwil Surakarta. Kayu-kayu yang tidak dilengkapi dokumen tersebut disita di daerah Kalijambe, Sragen.

Selain menyita puluhan gelondong kayu, polisi juga menangkap sopir truk sekaligus pemilik kayu, Sukidi, 45, Juworo RT 07/RW IX Gundi, Grobogan. Truk dengan nomor polisi (Nopol) R 1465 SB tersebut membawa kayu mahohi dengan panjang dua meter dan diameter rata-rata 25 sentimeter dari Grobogan menuju Sragen.

Informasi yang dihimpun Espos di Mapolwil Surakarta, Rabu (14/10), menyebutkan, kayu-kayu tersebut diperoleh tersangka dari seseorang di daerah Gundi. Diduga, kayu tersebut ditebang dari kawasan Gundi tanpa izin resmi. Diperkirakan, kayu sebanyak itu senilai lebih dari Rp 5 juta.

Setelah mendapatkan kayu tersebut, tersangka bermaksud mengantarkan kayu mahoni itu ke seseorang di daerah Kalijambe, Sragen.

Namun, dalam perjalanan menuju Sragen, polisi yang curiga kemudian menghentikan truk tersebut. Polisi kemudian melakukan pemeriksaan terhadap dokumen kelengkapan kayu.

Namun, saat diminta menunjukkan dokumen kelengkapan, tersangka tidak mampu menunjukkannya. Aparat langsung menangkap tersangka dan menyita barang bukti tersebut menuju Mapolwil Surakarta.

“Jadi tersangka ini membawa hasil hutan yaitu kayu yang tidak dilengkapi dengan dokumen syarat sahnya hasil hutan,” ungkap Kasubbagreskrim Polwil Surakarta AKP Edhei Sulistyo mewakili Kapolwil Surakarta Kombes Pol Erry Subagyo kepada wartawan di Mapolwil.

Edhei mengungkapkan, pihaknya masih mengembangkan kasus tersebut, termasuk kemungkinan tersangka merupakan bagian dari sindikat illegal logging yang beraksi di daerah Jawa Tengah. Dia menegaskan, dari keterangan yang ada, pelaku memang beraksi sendirian yaitu supir truk sekaligus pemilik kayu tersebut.

Dia menjelaskan, tersangka dikenai dengan Pasal 50 huruf (h) jo Pasal 78 ayat (7) Undang-Undang No 41 tahun 1999 tentang Kehutanan dengan ancaman lima tahun penjara.

dni

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…