Rabu, 14 Oktober 2009 16:49 WIB Solo Share :

Pengumuman CPNS diundur, puluhan orang kecele

pengPengumuman seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2009 yang sedianya dilakukan Rabu (14/10) kemarin tertunda lantaran belum ada rincian formasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN). Akibatnya, puluhan orang kecele.

Informasi yang dihimpun Espos, orang-orang yang berniat mencari informasi tentang penerimaan CPNS 2009 Kota Solo sudah berdatangan ke kompleks Balaikota. Namun, mereka terpaksa menelan kekecewaan karena pengumuman itu belum ditempel di tempat-tempat biasanya, seperti lobi Gedung Tawangpraja. Bahkan ada pula yang kemudian naik ke kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) di lantai II.

Saking banyaknya orang yang bertanya tentang lowongan CPNS, pegawai setempat akhirnya memasang kertas bertuliskan Info Lowongan CPNS Belum Ada di beberapa tempat.

“Rencana dari Pemerintah Provinsi pengumumannya memang hari ini. Sejak pagi ya sudah banyak orang yang berdatangan untuk bertanya tentang pengumuman CPNS itu. Tapi wong kenyataannya rincian formasi dari Men PAN belum ada, ya belum bisa diumumkan,” ungkap Kepala BKD Solo, Etty Retnowati, saat ditemui wartawan di Balaikota, Rabu (14/10).

Etty mengatakan, pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut mengenai rincian formasi itu serta kapan formasi itu akan diumumkan. Upaya untuk menanyakan ke Kementerian PAN sebenarnya juga sudah dilakukan.

Informasinya, rincian formasi itu sudah ditandatangani dan segera dikirim. Diharapkan pekan ini juga sudah sampai ke BKD Solo.

Kendati rincian formasi itu belum turun, Etty mengatakan, persiapan untuk seleksi CPNS oleh tim Pemkot tetap dilakukan. Misalnya untuk membahas pola atau mekanisme pelaksanaan tes dan sebagainya.

Menurut Etty, tes seleksi CPNS tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika di tahun sebelumnya hanya ada satu kali tes, maka untuk tahun ini akan ada dua kali tes yang digelar dalam satu hari. Tes itu meliputi tes pengetahuan umum (TPU) dan tes potensi individu yang di dalamnya termasuk psikotes.

Soal berkas pendaftaran, lanjut Etty, tahun ini tidak akan ada istilah berkas tidak lengkap (BTL), tapi semuanya digolongkan memenuhi syarat (MS) atau tidak memenuhi syarat (TMS). Berkas yang TMS akan langsung dikembalikan kepada pendaftar melalui pos dan kalau masih ingin ikut, pendaftar harus mendaftar ulang.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Boeddy Soeharto mengungkapkan, tes penerimaan CPNS tahun ini kemungkinannya memang akan lebih beragam, meliputi tes kemampuan bahasa asing dan wawancara. Sedangkan mengenai mekanisme seleksi, masih belum diputuskan apakah akan melaksanakan sendiri atau bergabung dengan daerah lain.

shs

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…