Soloraya
Selasa, 13 Oktober 2009 - 18:25 WIB

Tarif KA wisata bakal diturunkan sampai Rp 30.000

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akhirnya memutuskan untuk menurunkan tarif kereta wisata berlokomotif uap Jaladara. Khusus warga berkartu tanda penduduk (KTP) Solo, tarif itu bisa turun hingga Rp 30.000/orang.

Informasi yang dihimpun Espos, Selasa (13/10) standar penetapan tarif itu saat ini sedang dalam pengkajian dan akan diberlakukan setelah kereta wisata itu berjalan sebanyak 32 kali sejak kali pertama diujicoba. Sebagaimana diketahui saat ini, tarif kereta itu masih Rp 50.000-Rp 100.000/orang untuk penumpang umum.

Advertisement

“Soal teknisnya tolong nanti tanyakan saja ke Dinas Perhubungan. Yang jelas, tarif kereta uap wisata Jaladara memang akan diubah. Khusus wisatawan Rp 150.000/penumpang sedangkan warga ber-KTP Solo Rp 30.000/penumpang,” jelas Walikota Solo, Joko Widodo, saat ditemui wartawan di Balaikota, Selasa (13/10).

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan, keberadaan kereta uap Jaladara juga akan didukung dengan bus wisata dan kereta kuda. Rencananya, Pemkot akan mengajukan pengadaan empat unit bus wisata dan 10 unit kereta kuda pada tahun anggaran 2010 mendatang.

“Pada jangka panjang, kalau semuanya sudah beroperasi dengan baik, akan ada pengaturan di mana kendaraan pribadi dari luar kota akan disediakan tempat parkir di pinggiran kota. Selanjutnya, orang-orang harus naik bus, kereta, atau kereta kuda jika hendak ke mana-mana di Solo,” ujar Jokowi.

Advertisement

shs

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Bakal Diturunkan KA Wisata
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif