Selasa, 13 Oktober 2009 16:31 WIB Ekonomi Share :

PT INKA kembangkan railbus untuk Kota Solo

Solo (Espos)–PT Industri Kereta Api (PT INKA) tengah mengembangkan pembuatan angkutan massal kereta api jenis kereta ringan, railbus, yang rencananya akan dioperasikan di Kota Solo pada tahun 2010 mendatang.

“PT INKA saat ini tengah mengerjakan railbus yang rencananya akan dioperasikan di Kota Solo, yakni dari Stasiun Purwosari Solo hingga Wonogiri,” ujar Direktur Utama (Dirut) PT INKA, Roos Diatmoko saat ditemui wartawan di sela-sela Seminar Nasional Potensi Pengembangan Energi Terbarukan dan Material Pendukung Konstruksi Energi Terbarukan di Fakultas Teknik UNS Solo, Selasa (13/10).

Roos menjelaskan railbus merupakan sarana transportasi kombinasi dari konstruksi bus ringan dan kereta api (KA). Dengan kata lain, sebuah bus yang bisa dijalankan di atas rel KA. Tentunya, berat kereta normal dengan bus yang berjalan di atas rel tersebut berbeda karena railbus tersebut didesain lebih ringan.

“Railbus ini merupakan railbus kedua yang dikerjakan PT INKA setelah railbus pertama yang telah dioperasikan di Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Sumatra Selatan. Kami berharap pengerjaan railbus ini bisa selesai bulan Juli atau Agustus 2010 nanti, agar dapat segera diluncurkan,” ungkapnya.

Roos menyebutkan pembuatan satu set railbus yang terdiri atas tiga kereta, membutuhkan biaya senilai Rp 17 miliar. Dalam pengembangan railbus tersebut, Roos mengatakan pihaknya mendesain set kereta dengan bahan yang lebih ringan sehingga konstruksi rel menjadi semakin murah.

“Pembuatan railbus tersebut menggunakan material komposit yang lebih ringan,” tandasnya.

sry

lowongan pekerjaan
PT SAKA JAYA ENGGAL CIPTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

Universitas Prasetiya Mulya Tawarkan Program Pendidikan Ini ke Semarang

Universitas Prasetiya Mulya menawarkan program pendidikan yang sarat dengan entreprenurship atau kewirausahaan kepada warga Semarang. Solopos.com, SEMARANG — Universitas Prasetiya Mulya, Senin (16/10/2017), menggelar media launcheon di Kota Semarang, Jawa Tengah. Program pendidikan yang pekat dengan entreprenurship atau kewirausahaan pun…