Mujiono
Selasa, 13 Oktober 2009 11:59 WIB Tokoh Share :

Mudjiono berlatih kesabaran

Mujiono

Mujiono

Kiprah Mudjiono dalam mendidik dalang-dalang cilik memang sudah tak diragukan lagi. Lebih dari dua dekade lamanya, pegawai Taman Budaya Surakarta (TBS) tersebut tekun menuntun para bocah dalam mempelajari sabetan, suluk, dan catur dalam wayang purwa.
Dalam mengajarkan teknik-teknik untuk anak-anak menurutnya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi, kebanyakan anak didik yang dibinanya masih berusia sekolah dasar yang masih memiliki sikap kekanak-kanakan.
”Wajar kalau ada yang bandel atau suka menangis, mereka kan masih anak-anak. Justru saya bisa berlatih kesabaran,” tutur Mudjiono saat dijumpai Espos, Minggu (11/10) malam.
Dalam menghadapi tingkah laku anak didiknya, pendiri Sanggar Sarotama tersebut selalu memberikan pengertian dengan kata-kata bijak. Dia terkadang juga bersikap tegas agar anak bisa berlatih kedisiplinan namun tentu saja tanpa menggunakan cara-cara kekerasan. hkt

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…