Selasa, 13 Oktober 2009 20:35 WIB News Share :

Komisi III jadi rebutan partai 'gajah'

Jakarta–Komisi III yang membidangi urusan hukum dan keamanan ternyata cukup menarik hati partai-partai besar. Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Golkar dan FPDIP cukup keras memperebutkan Komisi yang bermitra dengan Jaksa Agung dan Kapolri serta KPK ini. Ada apa?

“Saya heran kenapa semua fraksi ingin ke sana (Komisi III). Setidaknya Golkar, PDIP dan Demokrat ingin ke sana. Komisi ini diperebutkan 3 fraksi gajah,” kata wakil ketua DPR Priyo Budi Santoso kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/10).

Menurut politisi Golkar ini, dari perebutan komisi saat ini, Partai Demokrat yang paling diuntungkan. Sebab, partai besutan SBY ini ternyata mampu mendapatkan komisi yang paling banyak bermitra dengan departemen yang beranggaran besar.

“Yang paling enak ya Demokrat. Milih pertama. Kalau Golkar kan cuman dapat kedua. Tapi kita lumayan dapat 9 wakil ketua. Kita juga dapat Badan Legislasi, jantungnya perundang-undangan. Sayangnya kita gagal di Komisi Infrastruktur, diambil Demokrat juga,” paparnya.

Menurut pria yang masih menjabat Ketua FPG DPR ini, target Golkar sebenarnya 2 komisi yang saat ini direbut Golkar. “Dua di antara target utama Golkar sudah diambil Demokrat, salah satunya Komisi III. Saya sudah minta, tapi kata Anas Urbaningrum, itu perintah dari atasan, ya apa boleh buat,” paparnya.

Masih bisa berubah nggak pak hasil malam ini? “Ini juga belum hasil final. Masih ada kemungkinan change dengan Hanura atau Gerindra,” jawabnya.
dtc/tya

lowongan pekerjaan
CV PRIMEDANIE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…