Selasa, 13 Oktober 2009 18:20 WIB Karanganyar Share :

Hingga Oktober, angka kunjungan wisata Karanganyar meningkat

Karanganyar (Espos)–Angka kunjungan wisata ke berbagai obyek wisata di Karanganyar mengalami peningkatan cukup signifikan pada 2009 ini.

Berdasarkan data sementara di Dinas Pariwisata dan Budaya, (Disparbud) Karanganyar, hingga September ini sudah terjadi kenaikan jumlah pengunjung sampai sekitar 20% dibandingkan 2008.

“Hingga bulan ini, turis yang berkunjung sudah mencapai angka di atas 500.000 orang. Ini masih empat bulan, sehingga kami yakin bisa meningkat di atas 20% dari tahun lalu yang sekitar 600.000 turis,” kata Kepala Disparbud Karanganyar, Sutarno, saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa (13/10).

Dari sekian banyak obyek wisata yang tersebar di Karanganyar, kata dia, Sondokoro dan Tawangmangu masih menjadi favorit kunjungan para wisatawan. Porsi kedua lokasi itu mendominasi kunjungan, di samping Astana Giribangun yang juga sangat diminati.

“Dengan meningkatnya kunjungan tersebut, ke depan diharapkan sektor ini akan menjadi salah satu sumber pendapatan asli yang potensial. Untuk itu, Pemkab akan mengembangkan beberapa lokasi wisata agar bisa semakin menarik,” ujarnya, didampingi Kabid Promosi Disparbud, Yuli Astuti.

Sebagai langkah awal, tambah Yuli, tahun depan akan diupayakan pengembangan Sapta Tirta Pablengan dan Kampung Purba Dayu. Pablengan akan menjadi UPTD atau unit pelayanan teknis daerah, sehingga lebih leluasa untuk menggarap segala potensi yang ada.

dsp

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…