Senin, 12 Oktober 2009 22:25 WIB News Share :

SBY minta semua pihak tunggu proses penyusunan kabinet

Cikeas–Presiden terpilih periode 2009-2014 Susilo Bambang Yudhoyono meminta semua pihak bersabar menunggu proses penyusunan kabinet dan tetap percaya proses itu akan berlangsung dengan tepat.

“Ada komentar SBY kok lupa, kok adem ayem, padahal telepon empat-empatnya sudah on, saya bilang memang belum, jangan tergesa-gesa. Kalau tanggal 20 saya dikukuhkan nanti, mesti 2-3 hari sebelumnya ada fit and proper test atau tes kepatutan dan kelayakan (calon menteri-red),” katanya.

Yudhoyono mengatakan hal itu dalam pertemuan dengan anggota Fraksi Partai Demokrat di Cikeas, Bogor, Senin malam. Dia menjelaskan, saat ini ia dan Boediono memang belum melakukan pemanggilan terhadap figur-figur yang akan masuk ke dalam kabinet mendatang.

“Sebelumnya ada proses pemberitahuan awal, ada proses pemeriksaan kesehatan baik jasmani dan jiwa, ada saatnya diumumkan dan nanti dilantik, kalau ada masalah hukum bisa saja berubah, ada time line, memang belum ada yang dipanggil,” paparnya.

Yudhoyono menjelaskan, nantinya tentu tidak semua calon yang masuk bisa menempati posisi di kabinet. Dari ratusan nama yang masuk hanya 34 posisi menteri dalam kabinet mendatang.

“Catatan cuma 34 orang sekarang sekian kali lipat satu diantara empat, di antara tiga hingga di antara dua, saya gunakan semua pertimbangan yang akuntabel dan bisa saya pertanggungjawabkan pada rakyat. Saya harus bisa jelaskan mengapa yang dipilih itu,” katanya.

Yudhoyono yang saat ini masih menjabat Presiden untuk periode 2004-2009 hingga 20 Oktober mendatang meminta semua pihak memahami bahwa hanya figur yang tepat yang bisa menempati posisi di kabinet, meski figur yang tak terpilih bukan berarti tidak memiliki kemampuan.

“Setiap langkah bisa saya pertanggungjawabkan, aturan main koalisi kita susun, program lima tahun disusun dengan bagus dan itu semua kita susun,” katanya.

Pertemuan silaturahmi dan pengarahan bagi 148 anggota DPR asal Partai Demokrat tersebut dimulai pada pukul 19.30 WIB. Sesi pertama diisi dengan sambutan Yudhoyono dan dapat diliput, sementara pada sesi kedua diisi oleh pengarahan pimpinan Partai Demokrat termasuk Ketua Dewan Pembina dan berlangsung tertutup.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum PD Hadi Utomo, Ketua Fraksi PD Anas Urbaningrum, Ketua DPR RI dari PD Marzuki Alie dan sejumlah pimpinan Partai tersebut. Hadir pula Ani Yudhoyono.

Ant/tya

lowongan pekerjaan
CV PRIMEDANIE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…