Senin, 12 Oktober 2009 14:13 WIB Ekonomi Share :

PT KA targetkan angkut 19 juta ton barang

Jakarta–PT Kereta Api Indonesia (PTKA) mentargetkan angkutan barang sebanyak 19 juta ton di akhir tahun 2009. Hingga triwulan III-2009, perseroan telah mengangkut barang sebanyak 14 juta ton.

Demikian hal itu dikemukakan oleh Direktur Komersial PTKA Sulistyo Wimbo Hardjito usai melakukan penandatanganan dengan PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk (PTBA) di Gedung Jakarta Railway Centre, Jalan Juanda, Jakarta, Senin (12/10).

“Ke depan kita akan fokus lebih fokus pada upaya peningkatan angkutan barang, baik di Jawa maupun Sumatra,” ujarnya.

Menurutnya, pangsa pasar angkutan barang peluangnya masih besar untuk digarap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kereta Api itu. Selain batubara, perseroan juga akan meningkatkan kapasitas angkut petikemas, minyak kelapa sawit, dan semen.

Pihaknya mengharapkan, peningkatan peran angkutan barang tersebut bisa mengurangi kemacetan serta kerusakan jalan raya akibat beban jalan berlebih yang dilalui truk dan kendaraan logistik lainnya.

“Juga mengurangi polusi dan penggunaan bahan bakar secara nasional, karena BBM yang dipakai kereta api lebih hemat dibandingkan kendaraan darat lainnya,” imbuhnya.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…