Senin, 12 Oktober 2009 20:43 WIB News Share :

Presiden resmi berhentikan Antasari dari KPK

Jakarta–Keppres pemberhentian tetap Antasari Azar telah Presiden SBY tanda tangani. Maka dengan demikian Antasari tidak lagi menjabat Ketua KPK.

Demikian ungkap Mensesneg Hatta Radjasa, Senin (12/10). Dia dicegat wartawan usai diterima Presiden SBY di Cikeas, Kab Bogor.

“Sudah ditandatangani presiden kemarim malam,” kata dia.

Pemberhentian tetap ini merupakan amanah UU KPK yang menyebut bahwa pimpinan KPK yang telah sah berstatus terdakwa dalam suatu kasus hukum, harus diberhentikan tetap. Bagi pejabat tinggi lain, sanksi berat ini dijatuhkan setelah ada putusan final pengadilan.

Lebih lanjut Hatta menjelaskan, pasca keluarnya kepres pemberhentian Antasari bukan berarti bisa serta merta digelar pemilihan Ketua KPK. Proses itu harus berlangsung sesuai tahapan dalam UU KPK.

“Proses selanjutanya sesuai dengan UU saja,” ujar dia.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
PT.Swadharma Sarana Informatika, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama Rakyat Awasi Pemilu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (05/01/2018). Esai ini karya Ahmad Halim, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara. Alamat e-mail penulis adalah ah181084@gmail.com Solopos.com, SOLO–Pemberlakuan UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum (gabungan UU No. 8/2012, UU…