Senin, 12 Oktober 2009 12:00 WIB News Share :

PKB siapkan 4 nama menteri

Jakarta–Meski penentuan menteri kabinet merupakan hak prerogatif SBY, PKB tidak tinggal diam. Partai yang sejak awal mendukung SBY ini dipastikan mendapat jatah menteri. Untuk itu, partai pimpinan Muhaimin Iskandar ini telah menyiapkan 4 nama untuk mengisi jatah PKB yang kabarnya kebagian 2 kursi menteri.

“Keputusan soal kabinet sepenuhnya kami serahkan kepada Pak SBY. Tetapi, agar beliau tidak kesulitan, kami sudah menyiapkan kader-kader terbaik partai kami kalau-kalau kami diminta ikut membantu,” kata salah satu ketua DPP PKB yang tidak mau disebutkan namanya, Senin (12/10).

Menurut salah satu anggota dewan terpilih ini, 4 nama yang disiapkan PKB untuk mengisi pos kabinet jika diminta SBY adalah Muhaimin Iskandar, Lukman Edy, Marwan Jafar dan Helmy Faishal Zaini. Namun demikian, jika SBY menghendaki nama lain dari 4 orang ini, tentu PKB akan mencarikan kader terbaiknya yang lain.

“PKB sudah menyiapkan nama-nama itu sesuai dengan yang beredar selama ini. Tetapi, kalau dari beberapa nama itu Pak SBY meminta yang lain, tentu kita akan carikan,” paparnya.

Soal pos kementerian yang diincar, PKB menyerahkan sepenuhnya kepada SBY untuk menentukan. Tetapi jika menilik pada loyalitas dan komitmen PKB dalam membantu pemerintahan SBY, akan lebih pas jika kader terbaik PKB diberi amanat di pos kementerian Departemen Agama.

“Kita tidak punya kewenangan meminta pos tertentu karena sepenuhnya hak Pak SBY. Tetapi banyak kader PKB menginginkan salah satu kader terbaik kami di pos Kementerian Agama. Soal apa hasilnya, ya kita tunggu saja,” papar salah satu elite PKB itu.

Sebelumnya diberitakan, Mensesneg Hatta Rajasa mengatakan Presiden SBY akan memanggil para calon menterinya pekan ini. Hatta juga mengungkapkan ada sekitar 100 tokoh yang sudah masuk daftar calon menteri baik dari tokoh partai atau profesional.

Bahkan, Hatta mengungkapkan juga soal orang-orang yang membantu SBY dalam menghubungi para calon menteri kabinet baru. Orang-orang yang akan diminta membantu menghubungi itu antara lain Hatta sendiri dan Sudi Silalahi.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….