News
Senin, 12 Oktober 2009 - 15:35 WIB

Ajukan akreditasi, dua jurusan UNS divisitasi

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi terhadap dua jurusan di Universitas Sebelas Maret (UNS) guna melakukan penilaian yang menjadi bagian dari pengajuan akreditasi.

Pembantu Rektor I, Prof Dr Ravik Karsidi MS saat ditemui wartawan di kantornya, Senin (12/10), mengatakan dua jurusan yang divisitasi BAN-PT itu adalah Jurusan Ilmu Hukum Program S-2 Pascasarjana dan Jurusan Bahasa Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Advertisement

Menurutnya, sebelumnya dua jurusan itu sudah terakreditasi A, akan tetapi masa berlaku akreditasi keduanya sudah habis pada tahun ini sehingga diajukan mendapatkan sertifikasi kembali.
“Akreditasi untuk program pascasarjana berlaku selama lima tahun, sementara untuk akreditasi program S-1 berlaku selama empat tahun. Kebetulan masa berlaku akreditasi dua jurusan tersebut tahun ini sudah habis, jadi keduanya diajukan mendapat sertifikasi kembali,” papar Ravik.

Ravik menjelaskan, penilaian dalam akreditasi dibagi menjadi dua jenis yakni penilaian borang atau formulir dan penilaian lapangan. Penilaian borang sudah dilakukan beberapa bulan lalu, sementara penilaian lapangan dilakukan pada saat visitasi.

Menurutnya, hingga kini jumlah jurusan jenjang S-1 di UNS mencapai 52 jurusan. Dari 52 jurusan itu, hanya terdapat dua jurusan yang belum terakreditasi yakni Jurusan Ilmu Komputer dan Jurusan Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Keduanya belum mendapatkan sertifikasi lantaran belum meluluskan mahasiswanya karena tergolong jurusan baru.

Advertisement

Ravik menjelaskan, dari 50 jurusan yang sudah terakreditasi itu, 56% di antaranya sudah terakreditasi A, sementara 44% terakreditasi B. Sementara untuk jenjang S-2, masih terdapat satu jurusan yang terakreditasi C.

m82

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Akreditasi Uns
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif