Minggu, 11 Oktober 2009 15:50 WIB Internasional Share :

Obama
Ini bukan prestasi saya sendiri

Washington–Presiden AS Barack Obama sukses menyabet penghargaan bergengsi Nobel Perdamaian 2009. Obama menilai, anugerah yang ia terima bukanlah prestasinya seorang saja.

“Saya tidak melihatnya ini sebagai sebuah pengakuan atas prestasi saya sendiri melainkan penegasan kepemimpinan Amerika atas nama aspirasi seluruh warga di semua bangsa,” kata Obama di Gedung Putih, seperti dilansir oleh Reuters, Minggu (11/10).

Komite Nobel Norwegia memuji Obama untuk kerjanya terhadap perlucutan senjata nuklir serta keinginan untuk merangkul negara-negara muslim. Obama juga dinilai sukses untuk kembali menaikan citra AS setelah sebelumnya terpuruk di bawah kepemimpinan Presiden George W Bush.

Rencananya, Obama akan mendonasikan hadiah uang dari Nobel Perdamaian yang diraihnya. Hadiah cek senilai US$ 1,4 juta atau setara dengan Rp 13,2 miliar akan diberikan untuk amal.

Namun penghargaan itu justru dikritik oleh beberapa media di AS. Mereka menilai pemberian penghargaan tersebut terlalu terburu-buru. Presiden pertama AS berkulit hitam itu dianggap belum melakukan sesuatu yang besar selama sembilan bulan pemerintahannya.
dtc/tya

lowongan pekerjaan
4 orang Penerjemah fasih berbahasa mandarin & 2 orang Sopir, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…