News
Minggu, 11 Oktober 2009 - 15:50 WIB

Obama: Ini bukan prestasi saya sendiri

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Washington–Presiden AS Barack Obama sukses menyabet penghargaan bergengsi Nobel Perdamaian 2009. Obama menilai, anugerah yang ia terima bukanlah prestasinya seorang saja.

“Saya tidak melihatnya ini sebagai sebuah pengakuan atas prestasi saya sendiri melainkan penegasan kepemimpinan Amerika atas nama aspirasi seluruh warga di semua bangsa,” kata Obama di Gedung Putih, seperti dilansir oleh Reuters, Minggu (11/10).

Advertisement

Komite Nobel Norwegia memuji Obama untuk kerjanya terhadap perlucutan senjata nuklir serta keinginan untuk merangkul negara-negara muslim. Obama juga dinilai sukses untuk kembali menaikan citra AS setelah sebelumnya terpuruk di bawah kepemimpinan Presiden George W Bush.

Rencananya, Obama akan mendonasikan hadiah uang dari Nobel Perdamaian yang diraihnya. Hadiah cek senilai US$ 1,4 juta atau setara dengan Rp 13,2 miliar akan diberikan untuk amal.

Namun penghargaan itu justru dikritik oleh beberapa media di AS. Mereka menilai pemberian penghargaan tersebut terlalu terburu-buru. Presiden pertama AS berkulit hitam itu dianggap belum melakukan sesuatu yang besar selama sembilan bulan pemerintahannya.
dtc/tya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Nobel Obama
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif