News
Minggu, 11 Oktober 2009 - 14:20 WIB

Malaysia bantu korban gempa US$1 juta

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

 Padang–Pemerintah Malaysia membantu sebesar 1 juta US Dolar untuk perbaikan infrastruktur dan bangunan publik yang rusak di Sumatra Barat akibat gempa bumi berkekuatan 7,6 skala Richter pada 30 September lalu.

Bantuan tersebut secara resmi diserahkan Menteri Pertahanan Malaysia Dato Seri Ahmad Zahid bin Hamidi, dan diterima Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi di Padang, Minggu. Menurut dia, bantuan itu akan diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur, gedung pemerintahan serta fasilitas umum seperti rumah ibadah dan sekolah yang rusak akibat gempa tersebut.

Advertisement

Sebelumnya Pemerintah Malaysia telah mengirimkan bantuan yang diangkut dengan 15 pesawat terbang khusus yang juga membawa 15 tim relawan. Mereka langsung bergerak ke lokasi bencana pascagempa itu. Sedangkan untuk pencarian dan penyelamatan korban yang tertimbun bangunan, telah dikirim 70 relawan ke daerah bencana tersebut.

Ahmad Zahid mengatakan bantuan itu lebih diprioritaskan untuk pembangunan fasilitas umum seperti sekolah dan rumah ibadah yang rusak di daerah itu.

“Sebab, bangunan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat, sementara untuk logistik kita sudah percaya pemerintah Sumbar mampu menanganinya,” katanya.

Advertisement

Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi mengatakan bantuan itu sangat bernilai dan dihargai masyarakat Sumbar.Ia mengatakan akibat gempa tersebut jumlah korban meninggal 805 orang, 102 unit rumah hancur, 241 unit rumah hilang, dan menyebabkan 27 kebakaran di Kota Padang.

Daerah paling parah kerusakannya adalah Kota Padang, Kabupaten Padang Pariaman, Pesisir Selatan, dan Kabupaten Agam.
Ant/tya

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Gempa Sumatra
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif