News
Sabtu, 10 Oktober 2009 - 13:08 WIB

Jateng dan DIY berpeluang hujan disertai petir

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Cilacap–Stasiun Meteorologi Cilacap memprakirakan cuaca di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Minggu (11/10) berpeluang hujan yang disertai petir.

“Cuaca di wilayah Jateng dan DIY pada Minggu (11/10) umumnya berawan sebagian hingga berawan dan berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan yang kadang disertai petir antara sore hingga pagi hari,” kata Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap, Mas Pudjiono di Cilacap, Sabtu (10/10).

Advertisement

Kendati demikian, kata dia, di wilayah perairan selatan Jateng dan DIY diprakirakan tidak terjadi petir meski berpeluang hujan dengan intensitas ringan pada malam hingga pagi hari.

Menurut dia, angin di wilayah Jateng dan DIY bertiup dengan kecepatan lima hingga 30 kilometer per jam, sedangkan di wilayah perairan berkisar antara 24-55 km/jam.

“Angin di wilayah Jateng dan DIY maupun di perairan bertiup dari arah timur hingga tenggara,” katanya.

Advertisement

Sementara untuk ketinggian gelombang, dia mengatakan, untuk wilayah pantai selatan Jateng dan DIY berkisar antara satu hingga tiga meter, sedangkan di Samudera Hindia berkisar antara 1,5-3,5 meter.

Menurut dia, kondisi tersebut berbahaya bagi semua jenis kapal sehingga seluruh operator pelayaran diimbau untuk waspada terhadap kemungkinan terjadinya gelombang setinggi 3,5 meter tersebut.

“Untuk suhu udara di wilayah Jateng dan DIY diprakirakan berkisar antara 22-32 derajat Celcius dengan kelembaban udara 60-95 persen,” katanya.

ant/fid

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif