Soloraya
Sabtu, 10 Oktober 2009 - 22:38 WIB

Anak-anak penghuni Rutan pun belajar perkusi

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Setiap hari Sabtu, ada kegiatan yang berbeda bagi anak-anak penghuni Rutan Kelas 1 Solo. Pasalnya, mereka dapat ilmu pengetahuan baru serta pelatihan (dari pihak luar Rutan-red) di akhir pekan.

Kali ini, Sabtu (10/10), mereka mendapat ilmu pelatihan tentang alat musik perkusi seperti jimbe. Sebanyak 12 anak yang kini sedang berhadapan dengan hukum (tahanan maupun narapidana-red) itu tampak antusias menyaksikan hentakan-hentakan alat musik asal Afrika yang diperagakan oleh personel grup musik Java Jine ini.

Advertisement

Suasana menjadi lebih hangat ketika masing-masing anak mendapat kesempatan untuk belajar memainkan jimbe dengan tiga elemen dasar yakni tempo, dinamika, dan harmonisasi.

Salah satu pemain musik di Java Jine, Bangkit Cahyo Pamungkas di sela-sela acara mengatakan selain suaranya yang bisa membangkitkan semangat, ketiga elemen tersebut memiliki sifat positif yang diharapkan dapat memberikan pencerahan terhadap anak-anak yang berusia antara 13 hingga 17 tahun tersebut.

“Tempo ini mencerminkan hidup yang tertata, dinamika menunjukkan bahwa hidup itu penuh perubahan dan perbedaan, sedangkan harmonisasi itu membuat hidup jadi selaras,” kata dia.

Advertisement

Sementara itu, kegiatan yang dibungkus dengan nuansa pelatihan hari Sabtu pagi bagi anak-anak penghuni Rutan tersebut merupakan agenda rutin yang digelar oleh lembaga swadaya masyarakat (LSM) Komunitas Peduli Anak Solo (Kapas).

Koordinator Lapas, Dian Sasmita mengatakan materi pelatihan berbeda tiap pekan, berbeda-beda misalnya melukis, menulis, bermusik dan sebagainya.

“Dalam kegiatan yang kami selenggarakan bekerja sama dengan pihak Rutan, pelatihan ini sengaja kami bikin beda-beda. Yang memberikan pelatihan juga berbeda-beda sesuai keahlian di bidang masing-masing,” kata dia.

Advertisement

alo

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif