Jumat, 9 Oktober 2009 14:04 WIB Hukum Share :

Penderita HIV pengedar sabu diamankan polisi

Temanggung–Seorang penderita HIV, IH (36) yang diduga sebagai pengedar sabu-sabu diamankan petugas Kepolisian Resor (Polres) Temanggung.

Kapolres Temanggung AKBP Muhammad Zari di Temanggung, Jumat (9/10), mengatakan, IH warga Dusun Paingan, Desa Purworejo, Temanggung merupakan pengedar obat psikotropika yang sudah menjadi target operasi polisi.

IH dan sejumlah barang bukti antara lain berupa enam paket psikotropika jenis sabu-sabu, enam butir pil jenis inek, satu alat isap, satu telepon seluler, dan satu gulung alumunium foil kini diamankan di Mapolres Temanggung.

Selain itu, barang bukti yang juga ikut diamankan adalah obat HIV miliknya yakni enam pil warna putih, delapan kapsul warna merah putih, 25 butir pil warna kuning, dan dua tablet pil merek Clona Zepam.

Menurut Zari, kronologi kejadian adalah, IH memesan barang kepada seseorang di Yogyakarta dan dia mentransfer uang sebanyak Rp5,8 juta.

Setelah itu dia ke Yogyakarta untuk mengambil barang haram tersebut di Jalan Godean yang ditempatkan dalam sebuah bungkus rokok dan diletakkan di dekat sebuah tiang listrik.

“Setelah mendapat barang itu dia pulang ke rumah dan memakainya. Saat itulah petugas kami menggerebeknya,” katanya.

Ia mengatakan, saat pelaku ditangkap, sabu seberat empat gram itu sudah dipisah-pisahkan dalam wadah plastik dan sebagaian sudah digunakannya.

Kapolres mengatakan, perbuatan pelaku dijerat dengan UU No. 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika dengan ancaman hukuman penjara selama lima tahun dan hukuman denda paling banyak Rp 100 juta.

Pelaku sebelumnya pernah dipenjara selama dua tahun dalam kasus yang sama di Yogyakarta.

Menurut keterangan IH barang-barang itu akan digunakan sendiri. Sebanyak empat gram sabu itu bisa digunakan selama tiga pekan.

ant/fid

lowongan pekerjaan
Perusahaan Outsourcing PLN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Perempuan Melawan Pelecehan Seksual

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (16/01/2018). Esai ini karya Evy Sofia, alumnus Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah evysofia2008@gmail.com.  Solopos.com, SOLO—Empathy is seeing with the eyes of another, listening with the ears of another,…