Jumat, 9 Oktober 2009 09:45 WIB News Share :

BMKG
Waspadai cuaca buruk sebagian wilayah Indonesia

Jakarta–Badan Meteorologi dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini cuaca mulai hari ini, Jumat 9 Oktober 2009 sampai Senin 12 Oktober 2009.

Seperti yang dimuat di laman BMKG, beberapa wilayah di Indonesia berpotensi mengalami yakni hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Berikut daftar wilayah yang berpotensi mengalami cuaca buruk.:

–    NAD dan sebagian besar Sumatera
–    Pesisir Barat Sumatera
–    Pesisir Timur Sumatera bagian Utara dan Tengah
–    Jawa bagian Barat dan Tengah
–    Sebagian besar Kalimantan
–    Sulawesi bagian Utara, Barat dan Tengah
–    Maluku bagian Tengah dan Selatan
–    Papua bagian Barat, Utara dan Tengah

Ada beberapa hal yang menurut BMKG mempengaruhi cuaca di Indonesia, salah satunya aktifitas badai tropis ‘PARMA’ yang berada di sebelah Utara Filipina.  Badai tropis ini mempengaruhi kondisi atmosfer di wilayah Indonesia terutama di wilayah Utara khatulistiwa bagian Barat dan Tengah.

Selain itu juga terdapat aktifitas pusaran angin tertutup di Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera Selatan serta adanya pumpunan angin di sepanjang NAD, Sumatera bagian Utara hingga Laut Cina Selatan sebelah Barat Filipina yang mempengaruhi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah tersebut.

Demikian juga dengan kondisi Dipole Mode di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera masih bernilai negatif dan MJO yang masih aktif di wilayah Indonesia bagian Tengah dan Timur.

Perlu juga diperhatikan adanya aktifitas konvektif terkait dengan temperatur yang cukup tinggi pada siang hari yang merupakan aktifitas atmosfer berskala lokal disebagian wilayah Indonesia.

Kondisi tersebut akan berpotensi menimbulkan hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir dalam waktu yang tidak terlalu lama.

vivanews/fid

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…