Dedek Wiranto/hkt
Kamis, 8 Oktober 2009 12:05 WIB Tokoh Share :

Dedek getol bikin geguritan

Dedek Wiranto/hkt

Dedek Wiranto/hkt

Pemain teater asal Solo, Dedek Witranto,50, mengaku sedang getol-getolnya membikin puisi berbahasa Jawa alias geguritan. Kegemarannya itu sebenarnya sudah ia mulai sejak bertahun-tahun lalu.
”Kalau kali ini saya sedang siapkan 10 geguritan baru. Isinya memotret keadaan sekitar, mulai dari nasib para bakul (pedagang kecil), politik, ekonomi, serta lain-lain,” jelas Dedek saat dijumpai Espos, Rabu (7/10), di Wisma Seni, Taman Budaya Surakarta (TBS).
Dia melanjutkan, salah satu geguritan yang ia buat juga mengungkapkan keprihatinannya tentang musibah bencana alam yang belum lama ini terjadi di Padang, Sumatra Barat. Karya itu juga menjadi bagian atau seri dari kumpulan geguritannya yang berjudul Tangise Wengi Bumi Pertiwi.
Pengagum budayawan almarhum WS Rendra itu menyatakan prihatin akan kepedulian masyarakat terhadap keberadaan geguritan saat ini. Dia menilai, semangat untuk membuat atau memperdalam geguritan sudah mulai luntur. Padahal, dengan mempelajari geguritan, masyarakat bisa belajar mengenai banyak hal. Antara lain Bahasa Jawa dan isi pesan moral yang terkandung di dalamnya.  hkt

lowongan pekerjaan
PT. BPR Mitra Banaran Mandiri, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Perempuan Melawan Pelecehan Seksual

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (16/01/2018). Esai ini karya Evy Sofia, alumnus Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah evysofia2008@gmail.com.  Solopos.com, SOLO—Empathy is seeing with the eyes of another, listening with the ears of another,…