Kamis, 8 Oktober 2009 18:38 WIB News Share :

Angin lisus terjang 80 rumah di dua kabupaten

Grobogan (Espos)–Angin lesus disertai hujan deras menerjang dua kabupaten yang letaknya saling berdekatan, yakni Kabupaten Grobogan dan Demak, Rabu malam (7/10). Sedikitnya 80 rumah rusak dan ratusan pohon tumbang dalam kejadian itu.

Bahkan, upaya pembersihan pohon yang tumbang dan patah akibat diterjang angin sempat memacetkan arus lalu lintas Purwodadi-Semarang, Kamis pagi (8/10), karena sebuah truk tersangkut batang pohon yang roboh.

Menurut keterangan sejumlah warga, hujan deras disertai angin kencang berlangsung selama satu setengah jam, sejak maghrib. Angin kencang mulai menerjang dari arah Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan  ke timur hingga Kebonagung, Kabupaten Demak.

Sebagian besar rumah yang diterjang angin lesus mengalami kerusakan di bagian genteng yang diterbangkan angin. Di Kecamatan Godong ada tiga desa yakni, Desa Manggarmas 13 rumah, Harjowinangun 35 rumah dan Karanggeneng ada 15 rumah rusak. Sedangkan dua desa di Kecamatan Kebonagung Demak adalah Desa Mijen dan Seban di mana ada sekitar 17 rumah yang rusak dibagian gentingnya, termasuk bangunan musala dan SD Mijen.

Kades Harjowinangun, Aris Muhemin kepada Espos menyatakan, sebelum terjadi angin lesus, sejang sore cuaca sudah mendung. Menjelang maghrib turun hujan cukup deras tak lama kemudian disertai angin yang bergulung-gulung.

Warga yang mengetahui kejadian itu sempat panik. Apalagi lama-lama angin semakin kencang dan langsung menerjang rumah penduduk setempat, sehingga genteng rumah porak-poranda dan ratusan pohon tumbang.

Warga yang genteng rumahnya hilang diterbangkan angin, Kamis pagi sibuk memperbaiki. Yang terparah adalah milik, Jono, 40, warga Dusun Dangi, Desa Harjowinangun, karena hampir seluruh genteng rumahnya diterbangkan angin lesus.

Menurut Camat Godong, Endi Soedarto SH, perbaikan genteng rumah yang rusak, ada yang atas inisiatif sendiri namun ada juga yang dibantu oleh pemerintah desa setempat.

rif

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…