Rabu, 7 Oktober 2009 13:28 WIB News Share :

Tahun depan, Obama ke Indonesia

tPresiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dijadwalkan untuk melakukan kunjungan ke Indonesia pada tahun depan.

Hal itu dikemukakan oleh juru bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal di Kantor Kepresidenan Jakarta, Rabu (7/10).

“Di sela-sela KTT G20 di Pittsburg September 2009 lalu kedua pemimpin, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Obama sepakat untuk kunjungan Presiden Obama ke Indonesia dilakukan tahun depan,” kata Dino.

Menurut Dino, sekalipun waktu kunjungan telah dipastikan tahun depan namun tanggal pastinya akan ditetapkan kemudian.

Sebelumnya Presiden Obama dijadwalkan ke Indonesia pada November 2009 setelah mengikuti pertemuan APEC di Singapura.

Dino mengatakan penundaan kunjungan itu dilakukan setelah kedua belah pihak menginginkan suatu kunjungan yang emosional atau lebih bermakna bukan sekedar suatu kunjungan yang terburu-buru.

“Tetapi sebelumnya belum pernah ada waktu resmi terkait kunjungan Presiden Obama ke Indonesia yang dikeluarkan oleh kantor kepresidenan RI maupun Gedung Putih,” katanya saat menanggapi pertanyaan mengenai penundaan kunjungan itu.

Pada kesempatan itu Dino juga mengatakan bahwa kedua pemimpin sepakat jika kunjungan Presiden Obama ke Indonesia memiliki nilai penting untuk membahas proyeksi hubungan Indonesia-Amerika Serikat yang telah membaik.

Barack Obama yang menjadi presiden keturunan kulit hitam pertama AS pernah melewatkan masa kecilnya di Indonesia dan berayah tirikan seorang WNI.

Oleh karena itu Obama memiliki banyak kenangan di Indonesia yang beberapa kali disebutnya dalam sejumlah kesempatan ingin kembali diulangnya, termasuk menikmati sejumlah makanan khas Indonesia.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Obama telah bertemu beberapa kali di sejumlah pertemuan internasional dalam satu tahun terakhir.

ant/fid

lowongan pekerjaan
CV.Indra Daya Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…