Rabu, 7 Oktober 2009 18:10 WIB Solo Share :

Pemkot pastikan hidupkan rel KA dari Sangkrah-Jebres

Solo (Espos)–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memastikan rencana menghidupkan kembali rel kereta api (KA) antara Stasiun Kota di Sangkrah dan Stasiun Jebres tidak akan mengakibatkan penggusuran bangunan rumah warga karena setelah dipelajari, jalur rel itu tidak melewati permukiman.

Informasi yang dihimpun Espos, rel KA itu ternyata berada di bawah jalan raya, yaitu dari rel di sisi selatan Jl Slamet Riyadi berbelok di Bundaran Gladak ke Jl Jend Sudirman, lewat depan Balaikota kemudian depan Pasar Gede, terus di sepanjang Jl Urip Sumoharjo dan menyatu dengan rel yang menuju ke arah Stasiun Jebres di belakang Pom bensin Ledoksari.

Sebagaimana diberitakan, Pemkot Solo berencana menghidupkan kembali jalur rel itu sebagai sarana transportasi railbus, trem, atau kereta wisata uap. Rencana itu sudah disampaikan ke Menteri Perhubungan (Menhub) Jusman Syafi’i Djamal saat berkunjung ke Solo untuk meninjau arus balik Lebaran 2009 sekaligus meresmikan pengoperasian kereta wisata uap dan ternyata mendapat dukungan penuh. Menhub bahkan siap mendukung dalam hal pendanaan.

“Setelah ditelusuri, rel itu lewat depan Pasar Gede. Jadi tidak tertutup oleh bangunan sehingga tidak perlu ada penggusuran,” ujar Walikota Solo, Joko Widodo, saat ditemui wartawan di Balaikota, Rabu (7/10).

shs

lowongan pekerjaan
KISEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…