Sport
Selasa, 6 Oktober 2009 - 14:23 WIB

Fergie dimusuhi asosiasi wasit

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

London–Entah sudah berapa kali Sir Alex Ferguson mengeluarkan komentar pedas terkait lawan, wasit dan beragam hal lainnya. Tapi atas tudingan terhadap Alan Wiley, dia dapat kecaman dari asosiasi wasit.

Fergie melontarkan pernyataan keras terhadap kepemimpinan wasit setelah Manchester United diimbangi Sunderland 2-2 akhir pekan kemarin. Selain mempertanyakan singkatnya masa injury time, dia juga menyebut wasit Alan Wiley tidak dalam kondisi yang bugar.

Advertisement

Atas tuduhannya tersebut, Fergie terancam dapat hukuman dari FA. Bukan itu saja, asosiasi wasit Inggris juga melontarkan kecaman atas pernyataan Ferguson yang dianggap tanpa berdasar itu.

“Itu pernyataan yang menggelikan, Alan adalah salah satu wasit yang paling bugar di sini. Sangat mengejutkan mengetahui wasit yang dapat tuduhan seperti itu. Alex memilih orang yang salah,” ungkap mantan wasit Dermot Gallagher di TheSun.

Komentar senada terlontar dari Sekretaris Asosiasi Wasit, Alan Leighton. Mereka pun memberikan dukungan terhadap rencana FA melakukan penyelidikan dan kemungkinan menjatuhkan sanksi pada manajer tersukses di Inggris itu, hukuman yang dijatuhkan juga akan dijadikan pelajaran supaya pelatih lain tak melakukan aksi serupa.

Advertisement

“Jika Ferguson bebas begitu saja, maka manajer lain akan mengikutinya. Kami juga sudah menerima laporan kalau bos Blackburn Rovers, Sam Allardyce, memprotes Peter Walton dengan menyebutnya tak cukup fit untuk bisa jadi pelatih.”

“Statistik Prozone (alat untuk memonitor kekuatan, kecepatan dan kondisi fisik pesepakbola) menunjukkan itu semua. Jika Alan Wiley atau wasit lain tidak dalam kondisi bugar, mereka tak akan memimpin pertandingan,” papar Leighton.

Seorang mantan wasit Premier League yang lain juga menyatakan tentangannya terhadap komentar Fergie. Meski dalam memimpin pertandingan sengit wasit harus dipaksa lebih bekerja keras, Wiley tetap dianggap cukup mumpuni dan punya kondisi fisik yang bagus.

Advertisement

“Alan memang terlihat membawa beban, tapi dia tetap bisa melanjutkannya. Saya pikir tindakan yang dilakukan Alex tidaklah tepat. Saya pikir Alan telah melakukan tugasnya dengan cukup baik,” tegas Keith Cooper.

dtc/tya

Advertisement
Kata Kunci : Manchester Sepak Bola
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif