Selasa, 6 Oktober 2009 12:11 WIB News Share :

Akibat gempa, aktivitas Gunung Talang, Solok meningkat

Padang–Gempa 7,6 SR yang mengguncang wilayah Sumatera Barat pekan lalu memicu aktivitas vulkanik Gunung Talang. Dua hari terakhir, gunung berapi di Solok, Sumbar itu mengeluarkan getaran secara terus menerus.

Getaran rata-rata terjadi di atas 100 kali dalam dua hari terakhir. “Secara teknis gunung tersebut mengalami peningkatan aktivitas vulkanik yang siginifikan,” kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Talang, Dalipa, Selasa (6/10).

Gempa tektonik di laut maupun di darat pada Rabu pekan lalu berpengaruh besar terhadap aktivitas vulkanik gunung berapi. Menurut Dalipa, pada Sabtu dini hari setelah gempa, Gunung Talang mengeluarkan sinar api diam yang diikuti asap hitam setinggi 700 meter.

Saat ini, status gunung dengan ketinggian 2.597 meter tersebut sudah berstatus waspada. Warga Solok di sekitar lokasi juga sudah diminta untuk bersiaga.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
PKG 39, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Ada Kabar Hoaks Apa Hari Ini?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (04/01/2018). Esai ini karya Yessita Dewi, penulis cerita pendek dan aktif di Buletin Sastra Pawon. Alamat e-mail penulis adalah yessitadewi@gmail.com. Solopos.com, SOLO—Tung! Tung! Tung! Notifikasi telepon pintar saya berbunyi. Fungsinya sama dengan kentungan,…