Senin, 5 Oktober 2009 11:24 WIB Ah Tenane Share :

Seandainya...

0510ahtenaneCerita ini terjadi sekitar awal tahun 2000-an lalu. Waktu itu HP masih merupakan barang mewah dan masih mahal. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memilikinya, tidak seperti sekarang, hampir semua orang nyekel HP.
Alkisah, waktu itu Jon Koplo datang ke pesta reuni teman satu kelas zaman SMA dulu. Koplo yang saat itu sudah mahasiswa akhir sebuah universitas negeri di Solo ini jadi semangat banget karena bakal bertemu lagi dengan Lady Cempluk, mantan pacarnya dulu.
Acara yang dimulai pukul 19.00 dan berakhir pukul 21.00 WIB itu seolah tak terasa bagi Koplo. Sepertinya dia ingin lebih lama lagi bernostalgia dengan mantan pacarnya itu. Waktu Cempluk mau pamit, Koplo pun membantu mengeluarkan sepeda motor Cempluk yang terparkir di pojok dan menuntunnya keluar. Bahkan ketika Cempluk sambat kedinginan, padahal rumah Cempluk lumayan jauh, Koplo pun dengan senang hati meminjamkan jaketnya untuk dipakai Cempluk.
”Theklek kecemplung kalen, tinimbang golek aluwung balen,” goda teman-temannya menyaksikan adegan mesra yang kedaluwarsa tersebut. Dengan demonstratifnya, Koplo dan Cempluk justru berbuat seolah masih berpacaran seperti waktu SMA dulu. Bahkan pulangnya pakai cium jauh segala.
Ketika tiba giliran Koplo akan mengambil motornya, ia tampak kebingungan, lalu kemudian dia pun ngeplak bathuke dhewe sambil berkata, ”Matrih aku, Cah! Kunci kontakku katut neng jaket sing disilih Cempluk! Wa-dhuh, isa mulih nuntun iki aku.”
Namun bukannya kasihan, teman-temannya malah kembali ger-geran. Yah, seandainya saat itu masing-masing sudah punya HP, tentu Koplo tinggal telepon Cempluk untuk balik sebentar. Kiriman Joko Prastowo,  Jaten RT 02/RW 1, Simo,  Boyolali.

lowongan pekerjaan
NSC FINANCE KARTASURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…