Senin, 5 Oktober 2009 18:23 WIB News Share :

Riza jadi Pimwan, penetapan definitif diwarnai interupsi

Semarang (Espos)–DPRD Jateng menetapkan pimpinan Dewan (Pimwan) definitif periode 2009-2014 yang terdiri satu ketua dan empat wakil ketua, setelah DPW PAN Jateng akhirnya mangusulkan M Riza Kurniawan sebagai calon wakil ketua.

Penetapan ini dilakukan pada rapat paripurna DPRD Jateng yang dipimpin Ketua Dewan sementara Murdoko di Gedung Berlian Jl Pahlawan, Kota Semarang, Senin (6/10).

Masuknya nama Riza Kurniawan ini sangat mengejutkan kalangan anggota Dewan termasuk anggota Fraksi PAN, mengingat yang bersangkutan masih berstatus sebagai terpidana kasus penyalahgunaan Narkoba jenis sabu-sabu dengan hukuman empat bulan, meski mengajukan banding.

Selain itu sebelumnya pada tanggal 2 Oktober DPW PAN Jateng berdasarkan rapat harian secara resmi mengajukan Khafid Sirotudin sebagai wakil ketua Dewan kepada Pimawan sementara.

Namun secara mendadak pada tanggal 5 Oktober atau sehari sebelum rapat paripurna Ketua DPW PAN Jateng Rozak Rais mengusulkan nama Riza Kurniawan.
Diduga penggantian nama dari Khafid ke Riza karena adanya intervensi dari DPP PAN.

Adanya penggantian yang mendadak ini, sempat diprotes Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Asrorudien Hadi dengan mangajukan interupsi dalam rapat paripurna.

Dia mengaku tidak mengetahui adanya surat kedua tanggal 5 Oktober dari DPW PAN Jateng yang menganulir usulan nama Khafid Sirotudin dan menggantikan dengan Riza Kurniawan sebagai wakil ketua Dewan.

“Kami minta agar penetapan nama calon wakil ketua dari PAN ditunda karena dengan munculnya surat kedua yang dibacakan dalam rapat paripurna ini, menunjukkan masih ada permasalahan di internal PAN,” ujar Asrorudien.

Permintaan itu tidak ditanggapi Murdoko yang memimpin rapat, karena menilai merupakan masalah internal PAN sehingga pihaknya tidak ikut campur tangan.

“Bila merasa tak puas, silahkan PAN mengajukan surat mengajukan surat keberatan kepada Menteri Dalam Negeri agar menunda pengesahan nama calon wakil ketua Dewan dari PAN,” ujar dia.

Murdoko atas persetujuan anggota Dewan yang hadir kemudian menetapkan Pimwan Jateng definitif, dengan komposisi ketua dewan ditempati Murdoko (PDIP).

Sedang empat wakil ketua Dewan masing-masing Bambang Priyoko (Partai Demokrat), Bambang Sadono (Partai Golkar), Abdul Fikri Faqih (PKS), dan Riza Kurniawan (PAN).

oto

lowongan pekerjaan
NSC FINANCE KARTASURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…