News
Senin, 5 Oktober 2009 - 11:08 WIB

MAKI praperadilkan KPK dan Polri

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Permohonan praperadilan dari Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) atas proses penetapan tersangka dua pimpinan KPK hari ini disidangkan. Sidang diagendakan untuk mendengarkan permohonan gugatan yang ditujukan kepada penyidik Polri.

“Kita ajukan gugatan tersebut karena menganggap penetapan tersangka atas keduanya (Bibit Samad Riyanto dan Chandra M Hamzah) tidak beralasan,” kata koordinator MAKI, Boyamin Saiman, Senin (5/10).

Advertisement

Menurut Boyamin, pihaknya akan meminta hakim untuk menilai proses yang dilakukan penyidik Polri atas Bibit dan Chandra. Atas pengajuan permohonan praperadilan ini, Polri diharapkan dapat menunjukkan bukti yang menyebabkan keduanya kemudian ditetapkan sebagai tersangka.

Sidang rencananya akan dimulai pukul 11.00 WIB di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera raya, Jakarta.

“Setidaknya ada penilaian kekurangbenarannya. Kita paksa polisi menunjukkan bukti. Kalau tidak berarti harus dicabut penetapan tersangka itu,” ungkapnya.

Advertisement

Selain praperadilankan Polri atas penanganan kasus Bibit dan Chandra, MAKI juga mengajukan dua permohonan praperadilan lainnya. Keduanya terkait dengan kasus bank Century.

“Pertama, gugatan atas Kabareskrim atas penerbitan surat berkaitan dengan uang US$ 18 juta milik Budi Sampurna dan satu lagi gugatan KPK karena tidak memproses indikasi KKN dalam penyelamatam dana Bank Century,” pungkasnya.

dtc/fid

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : KPK MAKI Polri Praperadilkan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif