News
Senin, 5 Oktober 2009 - 13:23 WIB

BPK didesak segera serahkan audit Century

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari fraksi Partai Golkar, Bambang Soesatyo, mendesak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) segera menyerahkan hasil audit investigasi kasus bank Century kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar bisa ditindaklanjuti.

“Kami mendesak BPK segera mempresentasi dan menyerahkan hasil audit investigasi kasus ini kepada KPK,” kata anggota DPR dari fraksi Partai Golkar itu ketika diminta komentarnya di Jakarta, Senin (5/10).

Advertisement

Bambang mengungkapkan hal tersebut menanggapi belum diserahkannya hasil audit investigasi BPK ke KPK.

Padahal di sisi lain, BPK melalui media masa justru telah memberikan gambaran adanya beberapa kejanggalan dalam bailout Bank Century.

“Persoalannya menjadi menarik bagi DPR karena BPK sendiri sudah memberi gambaran kepada publik bahwa ‘bailout’ Bank Century mengandung beberapa kejanggalan dan bahkan pelanggaran,” kata Bambang.

Advertisement

Menurut Bambang, jika BPK telah menyerahkan hasil audit tersebut, maka akan segera bisa ditindak lanjuti.

“Hal ini sejalan dengan semangat DPR baru yang juga akan melakukan pendalaman atas temuan-temuan BPK dari audit investigasi itu, sebelum sampai pada tahapan menggagas penggunaan Hak Angket DPR untuk mendapatkan kejelasan latar belakang ‘bailout’ Bank Century,” kata Bambang.

Karena itu, tambah Bambang, menyerahkan segera hasil Audit BPK kepada KPK menjadi sangat strategis agar KPK bisa melakukan pendalaman atas sejumlah kejanggalan atau pelanggaran yang terjadi dalam proses “bailout” Bank Century.

Advertisement

“Kami memberi apresiasi kepada Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, Irjen (Pol) Susno Duadji yang telah memenuhi panggilan KPK untuk memberi klarifikasi kasus Bank Century,” kata Bambang.

Kedatangan Susno ke KPK ini, tambah Bambang, diharapkan dapat menghilangkan anggapan polisi mau menang sendiri. Anggapan ini sudah terlanjur berkembang di masyarakat.

Hingga akhir pekan lalu, KPK mengaku belum menerima hasil audit investigasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas kasus “bailout” Bank Century.

Karena itu, DPR mengimbau BPK segera mempresentasi dan menyerahkan hasil audit investigasi kasus ini kepada KPK.

ant/fid

Advertisement
Kata Kunci : Audit BPK Century
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif