Senin, 5 Oktober 2009 19:09 WIB News Share :

533 gedung sekolah rusak akibat gempa di Sumbar

Padang–Sebanyak 533 unit gedung sekolah rusak akibat gempa tektonik 7,6 SR yang menguncang Sumatra Barat, Rabu (30/9).

Data Sarkorlak Penanggulangan Bencana Sumbar di Padang, Senin, menyebutkan, dari 533 gedung sekolah yang rusak, 251 unit diantaranya rusak berat dan sulit untuk bisa digunakan lagi.

Kemudian, sekolah yang rusak sedang mencapai 192 unit dan rusak ringan 90 unit.

Gedung sekolah yang paling banyak rusak berat terdapat di Kabupaten Padang Pariaman yakni 124 unit, kemudian Kabupaten Agam (43), Kota Pariaman (34), Kabupaten Pasaman Barat (21) dan Padang (7).

Meski banyak gedung sekolah yang rusak, kegiatan pendidikan telah dimulai Senin ini, namun belum dilakukan secara penuh.

Murid-murid yang sekolahnya hancur dan tidak bisa digunakan mengikuti proses belajar mengajar di tenda-tenda sekolah yang didirikan badan BPP, Unicef.

Tenda-tenda sekolah dikirim Unicef sejak Minggu dan terus didatangkan hingga Rabu (7/10), yang diangut dengan dua kapal, kata Kepala Sekretariat Sarkorlak Penanggulangan Bencana Sumbar, Ade Edwar.

Tenda-tenda sekolah itu akan didirikan di sekolah-sekolah yang hancur karena gempa, atau yang tidak bisa dipakai lagi untuk belajar-mengajar.

Sedangkan jumlah tenda sekolah yang akan didirikan itu mencapai ratusan unit dan akan terus ditambah untuk mencukupi penggantian sementara gedung-gedung sekolah yang rusak, tambahnya.

Tenda-tenda sekolah itu kemungkinan juga ada yang dibawa dari Nanggroe Aceh Darussalam yang sebelumnya dipakai untuk tempat belajar sementara anak-anak korban tsunami di daerah itu.

ant/fid

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…