News
Minggu, 4 Oktober 2009 - 14:46 WIB

Balon gas untuk syuting meledak, puluhan orang terluka

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Sebuah balon gas yang hendak dipakai untuk syuting iklan salah satu provider telepon seluler meledak. Akibatnya, puluhan orang mengalami luka bakar.

Petugas Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya mengatakan, peristiwa itu terjadi di pinggir Jl Jendral Sudirman, Jakarta Selatan (Jaksel). Tepatnya di depan Kampus Universitas Atma Jaya.

Advertisement

Sekitar pukul 09.00 WIB, Minggu (4/10), sejumlah kru memulai kegiatan pengambilan gambar. Tanpa sebab yang jelas, balon gas yang akan menjadi obyek kamera itu meledak.

“Korban dilarikan ke rumah sakit Jakarta. Namun, karena tidak ada obatnya, dipindahkan ke RS Pusat Pertamina menggunakan mobil patroli Dirlantas Polda Metro Jaya,” kata petugas tersebut kepada detikcom.
Korban balon meledak yang dirawat di Rumah Sakit Angkatan Laut (AL) Mintohardjo mencapai 28 orang. 8 Di antaranya dirawat intensif di Unit Gawat Darurat (UGD) karena kondisi kulitnya yang menghitam dan gosong.

“Untuk yang masuk grade 2 dan 3 yang kondisi kulitnya hitam dan gosong kita rawat, kalau merah masih bisa berobat jalan,” tutur dr Eko, salah seorang dokter yang menagani korban ledakan balon gas di RS Mintohardjo, Jl Bendungan Hilir, Minggu.

Advertisement

Salah seorang perawat yang enggan disebut namanya juga mengatakan bahwa korban berdatangan sejak pukul 10.00 WIB pagi tadi. Sebanyak 20 orang yang kulitnya memerah dan hanya menderita luka ringan diperbolehkan untuk berobat jalan.

Hingga kini, 8 orang masih dirawat intensif di ruang UGD. Dari pengamatan detikcom, para kru film yang tadinya akan melakukan syuting iklan salah satu provider seluler nampak memenuhi ruang UGD. Belum ada keterangan dari pihak penanggung jawab acara.   

Untuk mempercepat proses jalannya pengobatan para korban, wartawan yang meliput dilarang masuk oleh pihak kepolisian.Korban ledakan balon gas yang hendak digunakan untuk keperluan syuting terus bertambah. Setelah sebelumnya enam orang crew dilaporkan dilarikan ke rumah sakit, kini jumlah korban terus bertambah.

Advertisement

Berdasarkan data yang dilansir oleh situs Traffic Management Centre (TMC) Polda Metro jaya, jumlah korban luka-luka mencapai 37 orang. Sebanyak 15 orang dibawa ke RS Pusat Pertamina dan 22 orang dibawa ke RS AL Mintoharjo.

Dugaan sementara, ledakan terjadi karena ada gesekan antara balon dengan permukaan aspal. “”Ledakan balon tersebut diduga karena terjadi gesekan antara balon dengan permukaan aspal,” ujar Aiptu Marno petugas Dik Yasa Dit Lantas PMJ.

dtc/tya

Advertisement
Kata Kunci : Balon Meledak
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif