News
Sabtu, 3 Oktober 2009 - 18:55 WIB

Wapres: Belum ada bantuan asing berupa dana

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Padang–Wapres Jusuf Kalla mengatakan hingga kini belum ada bantuan pihak asing berupa dana tunai untuk membantu korban gempa di Sumbar, kecuali bantuan tenaga evakuasi dan tim medis.

“Belum ada bantuan yang diberikan negara asing dalam bentuk dana. Sejumlah negara yang berpartisipasi semuanya memberikan bantuan tenaga  medis dan obat-obatan. Bantuan tersebut justru berlebih, kita tidak butuh lagi,” kata Wapres di kediaman Gubernur Sumbar, di Jalan Jenderal Sudirman, Padang, Sabtu (3/10).

Advertisement

Menurut JK, Sesuai dengan arahan Presiden SBY, kita tidak boleh meminta bantuan dana dari asing akan tetapi jika mereka memberikan, Menkeu sudah membuka rekening.

Terkait itu, JK mengatakan Indonesia terbuka menerima bantuan dari negara mana saja asalkan dalam bentuk dana.

Wapres menjelaskan, bantuan rehabilitasi rumah tidak dibebankan dalam APBD melainkan bantuan dari Pemerintah Pusat dan bantuan tersebut diturunkan setelah verifikasi selesai.

Advertisement

“Setelah verifikasi selama dua pekan, bantuan rehabilitasi rumah masyarakat yang rusak sedang, berat dan ringan langsung bisa dimulai pengerjaannya. Pelaksanaan pembangunan diserahkan pada masyarakat sendiri,” katanya.

Sementara itu bantuan dana perbaikan rumah masyarakat dari pemerintah sama dengan kondisi bencana di Yogyakarta tergantung tingkat kerusakan mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 15 juta, dan Rp 30 juta.

Khusus untuk bangunan-bangunan komersial, tambah Wapres, menjadi tanggung jawab pihak asuransi jika bangunan tersebut diasuransikan. Jika tidak, pemilik bangunan terkait yang bertanggung jawab.

ant/fid

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Bantuan Asing Dana Wapres
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif