Sabtu, 3 Oktober 2009 14:57 WIB Sport Share :

Rio de Janeiro tuan rumah Olimpiade 2016

Kopenhagen–Setelah proses melobi yang panjang di hadapan Komite Olimpiade Internasional (IOC), Rio de Janeiro sukses mengalahkan tiga kota besar lainnya untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2016.

“Kini giliran Brasil. Saatnya kita menyampaikan apa yang selama ini membuat dunia tak seimbang. Saatnya menyalakan api olimpiade di negara tropis,” ujar Presiden Brasil Luis Inaco da Silva ketika mendengar pengumuman itu.

IOC memutuskan pada Sabtu (3/10) untuk menggelar Olimpiade ke-31 pada 2016 mendatang di Rio de Janeiro. Kota pantai di Brasil itu merupakan kota wisata paling ramai di Amerika Selatan, yang tenar lewat Pantai Copacabana.

Pada ronde pertama dalam pemungutan suara IOC, seperti dilansir AP, Rio memperoleh 26 suara. Madrid (Spanyol), unggul dengan 28 suara, serta Tokyo (Jepang) dengan 22 suara dan Chicago (AS) yang tersingkir karena hanya 18 suara.

Di ronde kedua, Tokyo terpaksa pulang dengan 20 suara. Sementara Madrid memperoleh 29 dan Rio sudah menguat dengan 46 suara. Keputusan di ronde terakhir lah yang menentukan, di mana Madrid dengan 32 suara kalah telak oleh Rio yang mendapat 66.

inilah/fid

lowongan pekerjaan
Gramedia Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kanibalisasi Akademis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (11/01/2018). Esai ini karya Abdul Gaffar, mahasiswa Program Doktoral Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah c.guevar@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dunia akademis (kampus) dihebohkan dengan isu kapitalisasi dan kanibalisasi akademis sebagai akibat…