Jumat, 2 Oktober 2009 14:45 WIB News Share :

SBY canangkan 2 Oktober jadi Hari Batik

Padang–Saat meninjau korban gempa di Sumatera Barat, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mencanangkan 2 Oktober sebagai Hari Batik. SBY meminta agar korban gempa juga tidak melupakan batik.

“Tadi saya lupa mengapa dalam kegiatan di lapangan ini saya dan sebagian menteri yang ada di sini pakai batik.¬† Untuk diketahui, hari ini 2 Oktober, kita canangkan sebagai Hari Batik,” kata¬† Presidn SBY saat meninjau lokasi gempa di Balaikota Pariaman, Sumatera Barat, Jumat (2/10).

SBY pun menjelaskan, Indonesia mengusulkan ke badan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) UNESCO agar batik ditetapkan sebaga produk budaya dari Indonesia.

“Setelah mempelajari usulan Indonesia maka batik ditetapkan sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia,” jelas SBY disambut tepuk tangan para korban gempa.

SBY pun mengajak warga untuk tak melupakan batik di tengah bencana, dan memakai batik tiap tanggal 2 Oktober.

“Kalau kita sudah mendapatkan, kita syukuri. Kedua, mari kita lestarikan, paling tidak, ini karena darurat tidak apa-apa, memakai batik tiap tanggal 2 Oktober,” kata SBY.

Cara ini, menurut SBY, jauh lebih baik daripada marah-marah ketika produk bangsa ini diklaim negara lain.

“Karena itu mari kita lestarikan bersama. Agar kita senang dunia juga menjadi tahu. Tidak hanya batik Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan sampai Papua,” imbaunya.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….