Jumat, 2 Oktober 2009 12:53 WIB News Share :

PMI bawa 2,5 ton bantuan bagi korban gempa

Jakarta–Tim Palang Merah Indonesia yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum PMI Mar’ie Muhammad membawa sebanyak 2,5 ton bantuan berupa makanan dan obat-obatan bagi korban gempa di Padang, Sumatera Barat, Jumat (2/10).

“PMI berangkat untuk mendistribusikan bantuan korban gempa Sumatera,” kata Mar’ie Muhammad di Jakarta, Jumat, sebelum berangkat menuju Padang.

Ketua PMI mengutarakan harapannya agar bantuan tersebut dapat meringankan beban bagi para korban gempa Sumatera.

PMI memberangkatkan bantuan tersebut dengan bertolak langsung dari Lapangan Udara (Lanud), Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (2/10) pagi.

Sedangkan relawan yang diberangkatkan antara lain 10 orang dari Medical Action Team yang terdiri atas dokter bedah ortopedi, dokter umum, serta para perawat.

Selain itu, PMI juga mengikutsertakan dua orang staf ahli pemulihan keluarga.

Bantuan 2,5 ton tersebut berisi antara lain 1.000 unit makanan bayi, 1.000 unit terpal tarpaulin, 5.000 sarung, dan 5.000 selimut.

Sementara itu, PMI Jambi juga menerjunkan ratusan orang untuk membantu korban gempa di sejumlah kabupaten yang terkena dampak gempa di provinsi tersebut.

Sedangkan PMI Sumatera Barat langsung mengerahkan puluhan relawan setelah gempa terjadi di provinsi tersebut pada saat Rabu (30/9) sore.

Sebelumnya, gempa tektonik berkekuatan 7,6 pada Skala Richter mengguncang Provinsi Sumatra Barat pada Rabu (30/9) pukul 17:16 WIB.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa itu berpusat di 0,84 Lintang selatan (LS) dan 99,65 bujur timur (BT), kira-kira 57 km barat laut Pariaman Provinsi Sumatera Barat pada kedalaman 71 km.

Setelah itu, gempa bumi tektonik berkekuatan 7,0 Skala Richter (SR) yang menggoncang Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Kamis (1/10) pukul 08:52 WIB di 46 Km tenggara Sungaipenuh pada kedalaman 10 Km.

ant/fid

lowongan pekerjaan
KISEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…