Jumat, 2 Oktober 2009 12:49 WIB News Share :

Obama sampaikan belasungkawa atas gempa Sumbar

Bandung--Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyampaikan ucapan belasungkawa kepada rakyat Indonesia berkaitan dengan tragedi gempa bumi berkekuatan 7,6 pada Skala Richter yang terjadi di Sumatra Barat, 30 September 2009.

Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan pada 1 Oktober 2009 di Washington, seperti dilansir dari siaran pers Kedubes AS, di Jakarta, Jumat (2/10), Presiden Obama mengemukakan, “Kami sangat berduka atas penderitaan dan kehilangan yang disebabkan oleh gempa di Sumatra Barat baru-baru ini”.

Pemerintahannya, sambungnya, telah berkomunikasi dengan Pemerintah Indonesia untuk menekankan bahwa Amerika Serikat selalu siap untuk menolong Indonesia dalam masa sulit.

Ia juga menyatakan telah memerintahkan jajaran pemerintahannya untuk melakukan koordinasi terkait upaya-upaya perbaikan dan pemulihan yang terus berlangsung di wilayah yang terkena musibah.

Indonesia, lanjutnya, adalah negara luar biasa yang terkenal dengan ketangguhannya mengatasi bencana alam.

“Saya pribadi tahu bahwa orang-orang Indonesia selalu kuat dan tabah dan memiliki semangat untuk mengatasi tantangan yang besar ini. Dan mereka perlu tahu bahwa Amerika akan selalu menjadi sahabat dan mitra mereka dalam mengatasinya,” ujarnya.

Kedutaan Besar AS di Jakarta hari ini juga berencana mengumumkan akan segera memberikan bantuan untuk korban gempa kepada Pemerintah Indonesia.

ant/fid

lowongan pekerjaan
Gramedia Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kanibalisasi Akademis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (11/01/2018). Esai ini karya Abdul Gaffar, mahasiswa Program Doktoral Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah c.guevar@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dunia akademis (kampus) dihebohkan dengan isu kapitalisasi dan kanibalisasi akademis sebagai akibat…