Jumat, 2 Oktober 2009 14:29 WIB News Share :

Negara Asing berbondong-bondong bantu Indonesia

Jakarta–Beberapa negara asing menunjukkan keprihatinannya atas gempa 7,6 SR yang mengguncang Padang, Sumatera Barat. Bantuan asing dari banyak negara pun mulai berdatangan bagi Indonesia.

Dalam rilis yang diterima detikcom dari Kedubes Australia, Jumat (2/10), Pemerintah Australia akan mengirimkan tim SAR, bantuan dan tim kesehatan militer, serta tim penilai teknis langsung ke lokasi gempa. Tim SAR yang dikirimkan berjumlah 36 orang, ditambah dengan 20 orang tenaga medis dan insinyur Angkatan Pertahanan Australia.

Bantuan darurat dari Australia mencakup obat-obatan, selimut dan tenda. Namun, pemerintah Australia juga memberikan bantuan sebesar Rp 2 miliar atau setara dengan 250 ribu dolar Australia kepada LSM Muhammadiyah dan dana sebesar Rp 838 juta atau setara dengan 100 ribu dolar Australia telah diberikan kepada Palang Merah Indonesia untuk operasi tanggap darurat.

Sementara itu, Inggris juga berniat mengirimkan tim ahli pencari dan penyelamat korban bencana ke Indonesia untuk membantu proses pencarian korban gempa. Tim pemadam kebakaran dan staf dari badan penyelamat sebanyak 60 orang, dengan membawa peralatan penyelamat khusus, saat ini tengah menuju ke wilayah gempa.

“Ribuan masih terjebak dala reruntuhan, petugas pemadam Inggris dan petugas penyelamat akan membantu proses penyelamatan korban. Kami siap membantu pemerintah Indonesia,” kata Menteri Pembanguan Internasional Douglas Alexander, seperti dilansir AFP, Jumat (2/10/2009).

Bantuan lain datang dari Pemerintah Qatar yang mengirimkan pesawat berisi bantuan dan sejumlah tim SAR langsung ke lokasi gempa di Padang. Dalam rilis yang diterima detikcom dari Kedubes Qatar, pesawat berisi bantuan tersebut akan tiba hari ini.

Pemerintah Uni Emirat Arab tak mau kalah, mereka juga mengirimkan bantuan bagi korban gempa. Bantuan yang dikirimkan berupa 56 orang tim SAR, obat-obatan dan peralatan untuk membantu evakuasi. Diperkirakan bantuan ini juga akan tiba di Padang hari ini.

Tak ketinggalan, Pemerintah China juga mengirimkan bantuan sebesar Rp 4,8 miliar atau setara dengan 500 ribu dolar untuk korban gempa di Padang. Palang Merah China telah mendonasikan Rp 481 juta atau setara dengan 50 ribu dolar. Demikian seperti dilansir kantor berita Xinhua.
dtc/tya

lowongan pekerjaan
, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…