Soloraya
Jumat, 2 Oktober 2009 - 17:35 WIB

BBWSBS bangun cross draine

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Espos)--Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) akhirnya membangun cross draine atau saluran pembuangan tambahan sepanjang sekitar 32 meter di Desa Mulur, Bendosari.

Pembangunan cross draine tersebut diharapkan dapat mengantisipasi banjir akibat luapan air saluran yang kerap terjadi di sekitar wilayah itu seperti sekolah maupun areal pertanian khususnya pada musim hujan.

Advertisement

Pelaksana Proyek dari PT Dipo Mulyo Mas Semarang, Aris Wiyadi mengatakan cross draine yang ada selama ini disinyalir tidak mampu bekerja secara maksimal. Terlebih, Kondisi cross draine yang melintas persis di bawah saluran induk Colo Timur memprihatinkan lantaran kerap tersumbat sampah.
Selain itu, sedimen yang berada dalam saluran irigasi tersebut cukup tebal sehingga mengganggu arus air yang mengalir dari Waduk Mulur.

“Pembangunan baru kami mulai hari ini, karena air Dam Colo juga sudah mulai berkurang dan saat sedang dalam masa pengeringan, jadi pembangunannya bisa dilakukan secara maksimal,” katanya ketika ditemui Espos, Jumat (2/10) di lokasi.

Dia mengatakan, selain membangun cross draine tambahan, pihaknya juga melakukan normalisasi saluran sepanjang 300 meter yang melintas di Dukuh Jati, Desa Mulur. Pelaksanaan normalisasi saluran tersebut, juga sekaligus dibarengi dengan pendalaman saluran sekitar 40 cm.

Advertisement

ufi

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Bangun BBWSBS
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif