Kamis, 1 Oktober 2009 20:55 WIB News Share :

TNI AL kirim KRI rumah sakit terapung

Surabaya–TNI Angkatan Laut (AL) mengirimkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr. Suharso-990 yang berfungsi sebagai rumah sakit untuk membantu penanganan para korban gempa bumi di Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Dinas Penerangan Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Letkol Laut Toni Syaiful mengatakan, KRI itu bertolak dari Dermaga Ujung, Surabaya menuju Padang, Sumbar, Kamis pagi sekitar pukul 04.30 WIB.

KRI dr. Suharso yang dikomandani Letkol Laut (P) Heribertus Yudho Warsono itu membawa 55 orang tenaga medis dan dokter dari Rumah Sakit TNI AL dr. Ramelan, Surabaya dan Batalyon Kesehatan Marinir wilayah Surabaya.

“Dalam kapal itu juga terdapat satu unit helikopter TNI AL jenis Bell untuk mendukung pelaksanaan evakuasi dan penanganan medis para korban dari darat ke kapal,” katanya.

Sebelum menuju Kota Padang, kapal rumah sakit tercanggih jenis “Landing Platform Dock” (LPD) milik TNI AL buatan Korea Selatan pada 2004 itu akan singgah di Jakarta.

“Kapal itu diperkirakan tiba di Jakarta tengah malam untuk mengangkut berbagai barang bantuan, baik berupa obat-obatan, bahan makanan, maupun barang bantuan lainnya yang berasal dari berbagai instansi, departemen, dan elemen masyarakat lainnya,” katanya.

Selain itu, di Jakarta juga akan bergabung beberapa dokter dan tenaga paramedis dari berbagai instansi, berikut peralatan kesehatan dan tenda rumah sakit lapangan.

“Kapal itu juga akan mengangkut alat-alat berat yang akan digunakan untuk keperluan evakuasi korban dari reruntuhan bangunan,” kata Toni menambahkan.

ant/fid

lowongan pekerjaan
NSC FINANCE KARTASURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…