News
Kamis, 1 Oktober 2009 - 20:55 WIB

TNI AL kirim KRI rumah sakit terapung

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Surabaya–TNI Angkatan Laut (AL) mengirimkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr. Suharso-990 yang berfungsi sebagai rumah sakit untuk membantu penanganan para korban gempa bumi di Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Dinas Penerangan Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Letkol Laut Toni Syaiful mengatakan, KRI itu bertolak dari Dermaga Ujung, Surabaya menuju Padang, Sumbar, Kamis pagi sekitar pukul 04.30 WIB.

Advertisement

KRI dr. Suharso yang dikomandani Letkol Laut (P) Heribertus Yudho Warsono itu membawa 55 orang tenaga medis dan dokter dari Rumah Sakit TNI AL dr. Ramelan, Surabaya dan Batalyon Kesehatan Marinir wilayah Surabaya.

“Dalam kapal itu juga terdapat satu unit helikopter TNI AL jenis Bell untuk mendukung pelaksanaan evakuasi dan penanganan medis para korban dari darat ke kapal,” katanya.

Sebelum menuju Kota Padang, kapal rumah sakit tercanggih jenis “Landing Platform Dock” (LPD) milik TNI AL buatan Korea Selatan pada 2004 itu akan singgah di Jakarta.

Advertisement

“Kapal itu diperkirakan tiba di Jakarta tengah malam untuk mengangkut berbagai barang bantuan, baik berupa obat-obatan, bahan makanan, maupun barang bantuan lainnya yang berasal dari berbagai instansi, departemen, dan elemen masyarakat lainnya,” katanya.

Selain itu, di Jakarta juga akan bergabung beberapa dokter dan tenaga paramedis dari berbagai instansi, berikut peralatan kesehatan dan tenda rumah sakit lapangan.

“Kapal itu juga akan mengangkut alat-alat berat yang akan digunakan untuk keperluan evakuasi korban dari reruntuhan bangunan,” kata Toni menambahkan.

ant/fid

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif