Kamis, 1 Oktober 2009 20:16 WIB Solo Share :

Pemkot siapkan Rp 1,2 M untuk penerimaan CPNS 2009

Solo (Espos)–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyiapkan anggaran senilai Rp 1,2 miliar untuk membiayai proses seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi 2009. Anggaran itu didasarkan pada asumsi jumlah pendaftar tahun lalu sekitar 13.000 orang.

Kuota formasi penerimaan CPNS untuk Kota Solo sendiri sampai saat ini belum turun. Meski kuota CPNS untuk Provinsi Jateng sudah diinformasikan sebanyak 19.406 formasi, kuota untuk masing-masing kabupaten/kota belum diumumkan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo, Etty Retnowati mengaku belum menerima informasi resmi tentang kuota tersebut dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng.

“Kalau berdasarkan koordinasi dengan Pemprov beberapa waktu lalu, pertengahan bulan Oktober ini mestinya kuota untuk masing-masing kabupaten/kota sudah diumumkan. Jadi kita tunggu saja,” ujar Etty, saat ditemui wartawan di Balaikota, Kamis (1/10).

Soal anggaran, Etty menjelaskan, dari APBD 2009 memang telah disiapkan senilai Rp 1,2 miliar. Penetapan anggaran itu didasarkan atas jumlah pelamar pada seleksi penerimaan CPNS tahun 2008 lalu sekitar 13.000 orang. Masing-masing pelamar dijatah Rp 17.500 untuk penyampaian berkas ke provinsi. Selain itu juga untuk pemrosesan nomor identitas pegawai (NIP) bagi CPNS yang lolos seleksi dan sebagainya.

Ditanya kemungkinan adanya perubahan estimasi anggaran mengingat adanya informasi berubahnya mekanisme seleksi, Etty mengatakan, kemungkinan itu memang ada, namun masih dalam batas anggaran yang telah disediakan.

“Memang informasinya ada perubahan mekanisme misalnya pendaftaran melalui online untuk menghindari satu peserta mendaftar di lebih dari satu kabupaten/kota. Tapi mudah-mudahan anggaran itu mencukupi,” kata dia.

Etty menambahkan, tahun lalu ada 20%-25% peserta yang tak ikut tes di Solo karena juga mendaftar di tempat lain.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Boeddy Soeharto, ditemui di Balaikota kemarin mengatakan, ada kemungkinan proses seleksi CPNS akan menggunakan tes yang lebih beragam.

shs

lowongan pekerjaan
CV. HORISON, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…